Pelatihan Jurnalistik Sekolah Muhammadiyah Resmi Dibuka

Pelatihan Jurnalistik Sekolah Muhammadiyah Resmi Dibuka

Pelatihan Jurnalistik Sekolah Muhammadiyah Resmi Dibuka

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Dikdasmen & PNF PP Muhammadiyah bekerjasama dengan Media Indonesia (MI), Suara Muhammadiyah (SM), dan majalah Kuntum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik untuk siswa SD dan SMP dari sekolah Muhammadiyah. Sebanyak 94 peserta dari 48 daerah mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh semangat dan antusiasme yang tinggi. Deputi Direktur Pemberitaan Media Indonesia Ade Alawi menuturkan bahwa jurnalistik adalah dunia yang sangat indah dan dinamis. Memaksa siapa saja melakukan pengembaraan dan melihat setiap peristiwa dari perspektif yang kritis.

Hidup di tengah kepungan informasi, Ade mengajak setiap peserta untuk terus menekuni dunia jurnalistik. Karena jurnalistik erat kaitannya dengan memfungsikan kecerdasan untuk mengikuti ritme kehidupan yang terus berubah. “Belajar jurnalistik itu untuk mengasah kemampuan kognitif, afektif, dan motorik. Keterampilan menulis itu wajib dimiliki oleh siapa saja. Selamat bergabung, selamat mengikuti pendidikan jurnalistik. Mudah-mudahan pelatihan ini bermanfaat di seluruh jenjang kehidupan yang akan dihadapi adik-adik sekalian,” ujarnya.

Senada dengan Ade Alawi, Alpha Amirrachman, Wakil Ketua Majelis Dikdasmen & PNF PP Muhammadiyah mengatakan, dengan menekuni dunia jurnalistik akan membawa seseorang melanglang buana menemuai banyak orang dan peristiwa. Ia menceritakan sedikit pengalamannya saat menjadi wartawan lepas di sebuah media berbahasa asing di Jakarta. Dalam perjalanannya di dunia media, Alpha pernah mewawancarai Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim yang saat itu baru keluar dari penjara. Ia juga pernah bertemu dengan PM India. “Dunia jurnalistik akan membawa membawa anda ke dunia yang lebih luas. Oleh karena itu Majelis Dikdasmen menyambut baik acara ini. Semoga ke depannya kita bisa kembali berkolaborasi untuk mengambil peran yang lebih konstruktif,” pesannya.

Pelatihan Jurnalistik angkatan kedua Sekolah Muhammadiyah Tingkat Nasional ini dihadiri oleh Direktur Pemberitaan Media Indonesia Ade Alawi, Wakil Ketua Majelis DIKDASMEN & PNF PP Muhammadiyah H.R Alpha Amirrachman, Redaksi Majalah Suara Muhammadiyah Isngadi Marwah, dan Pimpred Majalah Kuntum PP IPM Ida Setyaningsih. Kegiatan pelatihan Jurnalistik angkatan kedua ini menggunakan media zoom dan dibuka langsung oleh Alpha Amirrachman pada Jum’at, 21  Juli 2023. (diko)

Exit mobile version