Milad 70 Tahun Amin Abdullah, Majelis Tarjih dan Tajdid Hadirkan Buku “Filsuf Membumi dan Mencerahkan”

Milad 70 Tahun Amin Abdullah, Majelis Tarjih dan Tajdid Hadirkan Buku "Filsuf Membumi dan Mencerahkan”

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dewan Pakar Majelis Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027, Prof Dr H Muhammad Amin Abdullah tepat Jumat (28/7) memasuki usia ke-70 tahun. Untuk merayakan ulang tahunnya, Muhammadiyah dengan bangga menghadirkan sebuah kado istemwa bagi Guru Besar Ilmu Filsafat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berupa buku berjudul “Filsuf Membumi dan Mencerahkan: Menyemai dan Menuai Legacy Pemikiran Amin Abdullah”.

Buku ini mengandung secercah pemikiran, kiprah, dan pengalaman Amin Abdullah dalam upaya mengaplikasikan dan mengaktualisasikan dakwah pencerahan. Di mana buku ini juga merupakan hasil kerja keras dari tim kecil yang dikawal oleh Pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Setidaknya melibatkan sekitar 55 penulis dari dalam dan luar negeri, termasuk anggota Muhammadiyah dan pihak luar. buku ini menjadi kumpulan testimoni dan tulisan reflektif sebagai bentuk penghargaan atas peran penting.

Amin Abdullah ang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tarjih dan Pengembangan Pemikiran Islam PP Muhammadiyah periode 1995-2000 ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam merumuskan pemikiran keagamaan yang adaptif dan progresif. Dirinya menekankan perlunya tajdid (pembaruan) dalam pemikiran Islam, menghubungkan antara ilmu agama, pemikiran Islam, dan penafsiran agama agar umat Islam tidak terjebak dalam pusaran perubahan sosial-ekonomi-politik-budaya-teknologi yang disebabkan oleh era disrupsi.

Buku ini menunjukkan wawasan penulisnya yang bukan saja menguasai bidangnya dan mengikuti perkembangan teori kritis tetapi juga memiliki kearifan dan pandangan dunia “keagamaan baru” yang holistik, rekonsiliatif dan mediatif.

Peluncuran buku akan berlangsung pada Jumat (28/7) pagi di Hotel SM Tower dan secara daring melalui platform Zoom dan disiarkan secara live melalui Youtube Channel Tarjih. Beberapa narasumber utama yang dihadirkan antara lain Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi., Prof Dr H Syamsul Anwar, MA., Prof Dr H Muhadjir Effendy, MAP, Dr H Hamim Ilyas, MAg, Prof Alimatul Qibtiyah, MA., PhD., Prof Dr Siti Syamsiyatun, MA., Prof Robert W Hefner, dan Assoc Prof Muhammad Ali, PhD.

Acara ini diharapkan akan memberikan wawasan dan inspirasi yang berharga bagi seluruh anggota Muhammadiyah dan masyarakat Indonesia secara umum juga dunia internasional, agar dapat menghadapi perubahan era disrupsi dengan ilmu pengetahuan dan pemikiran yang lebih matang, serta membumikan pemikiran untuk mencerahkan umat.

Exit mobile version