Milad Tapak Suci ke-60: Mandiri, Berprestasi dan Mendunia

muhammadiyah

Muhammad Afnan Hadikusumo

Milad Tapak Suci ke-60: Mandiri, Berprestasi dan Mendunia

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang biasanya biasa disingkat dengan nama Tapak Suci. Akan berusia ke-60 tahun pada hari Selasa 31 Juli 2023. Di usia ini, Tapak Suci banyak makan asam garam di dunia persilatan membawa jargon “Mandiri, Berprestasi, dan Mendunia.

Kepada Suara Muhammadiyah, Senin (30/7/2023) ketua Umum Tapak Suci Afnan Hadikusumo menjelaskan bahwa, pengertian Mandiri bagi Tapak Suci adalah mampu mengurusi dirinya sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya.

Sedangkan istilah “Berprestasi”  memiliki makna tingkat keberhasilan seseorang (kelompok) dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Adapun “Mendunia” memiliki makna terkenal (meluas) ke seluruh dunia atau bahkan menjadi milik dunia.

Untuk mengimplementasikan dari jargon di atas, maka Pimpinan Pusat Tapak Suci menetapkan berbagai macam program melalui pembuatan peta jalan. Peta jalan ini menuntun Pimpinan Pusat Tapak Suci agar setiap program yang dicanangkan sesuai dengan output yang diinginkan yakni pembentukan kader pencak silat yang mandiri, berkemajuan, dan mendunia melalui berbagai program.

Program tersebut, kata Afnan Hadikusumo, diantaranya: peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan cara pembenahan kurikulum; Internasionalisasi Tapak Suci; Pembenahan Administrasi; Sarasehan Pendekar; Kejuaraan-Kejuaraan; dan Evaluasi Hasil Latihan.

Istilah evaluasi hasil latihan sering disamaartikan dengan ujian. Meskipun sangat berkaitan, akan tetapi tidak mencakup keseluruhan makna evaluasi pembelajaran yang sebenarnya. Ujian atau tes hanyalah salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menjalankan proses evaluasi.

Di dunia seni beladiri pencak silat, evaluasi pembelajaran pencak silat dilakukan melalui Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) sedangkan untuk mengetahui prestasi dari pesilat dengan melalui kejuaraan.

Afnan Hadikusumo menambahkan, pada kapengurusan Pimpinan Pusat Tapak Suci Periode 2018 – 2023 ini, telah banyak menyelenggarakan kejuaraan Tapak Suci yang bertaraf Nasional maupun Internasional, dalam bentuk offline maupun online.

Untuk tahun 2023 ini, PP Tapak Suci bekerjasama dengan  Pimpinan Wilayah Tapak Suci Sumatera Barat mengadakan Kejuaraan Nasional Remaja Tapak Suci yang berlangsung pada tanggal 26- 30 Juli 2023 di Payakumbuh.

“Penyelenggaraan Kejuaraan ini tentu memiliki maksud untuk menggairahkan para atlet remaja Tapak Suci, serta menjaring atlet-atlet remaja Tapak Suci yang berprestasi,” jelasnya.

Dalam konteks ini kaderisasi atlet menjadi sangat penting agar nantinya Tapak Suci tidak kekurangan kader yang berprestasi.
Ke depan, Pimpinan Pusat Tapak Suci akan selalu berupaya untuk melakukan peningkatan kualitas, baik dari sisi pelatih, kurikulum, sarana prasarana pendukung, personil pesilatnya, maupun outputnya. (Alfain Jalaluddin Ramadlan/FRS)

Exit mobile version