Semarak Milad Tapak Suci ke 60, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Adakan Long March

Semarak Milad Tapak Suci ke 60, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Adakan Long March

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah. Kini tengah merayakan miladnya yang ke 60 pada tanggal 31 Juli 2023. Merujuk pada ucapan Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci, M Afnan Hadikusumo dalam resepsi Milad Tapak Suci ke 60 di Payakumbuh kemarin Ahad (30/7), Tapak Suci kini memiliki jargon “Mandiri, Berprestasi, dan Mendunia.”

Senin (31/7) SMP Muhammadiyah 1 Berbah turut menyemarakkan dengan mengadakan “Long March” sepanjang ±4 km dengan titik kumpul di sekolah yaitu jalan Krikilan, Berbah, Sleman dan titik akhir di lapangan Jomblangan, Banguntapan, Bantul. Usai long march, para peserta melakukan gerakan kolosal tapak suci di tengah lapangan dengan dikomandoi 2 orang pelatih. Kegiatan ini diikuti seluruh warga sekolah kurang lebih 430 orang, terdiri atas 400 siswa dan 30 Guru-karyawan.

Tri Muriana Budianto, S.T selaku Kepala Sekolah mengatakan kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan milad sekolah yang ke 60 tahun, yakni pada 1 Agustus 2023 esok. “Dengan adanya kegiatan ini, sekolah berharap terus tumbuh kecintaan siswa/siswi terhadap Muhammadiyah, dan terus aktif dalam syiar Kemuhammadiyahan,” ujarnya.

Shalwa, salah satu peserta long march menuturkan bahwa ia merasa asik dan menyenangkan, ini merupakan pengalaman pertamanya berjalan jauh.

Ortom Tapak Suci selain bertujuan membina ketangkasan bela diri, juga bertujuan membina tauhid. Pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia, berusaha memelihara kemurnian Pencak Silat sebagai seni bela diri yang tidak menyimpang dari ajaran Islam. “Sebagaimana yang telah diajarkan para guru kami; Dengan Iman dan Taqwa saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Taqwa saya menjadi lemah” ungkap Sholihin, salah satu pelatih Tapak Suci SMP Muhammadiyah 1 Berbah. (Hanif)

Exit mobile version