SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Juara 1 Lomba Edukasi Guru BTKP DIY

SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Juara 1 Lomba Edukasi Guru BTKP DIY

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – SMP Muhammadiyah Al Mujahidin berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Video Edukasi Guru yang diselenggarakan oleh Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY dalam Anugerah Kihajar Tahun 2023. Dengan tema “Indonesia Bermartabat, Membangun Karakter Bangsa Melalui Muatan Bernuansa Budaya dan Kearifan Lokal Khas Kejogjaan”, sekolah ini berhasil menyuguhkan cerita yang sederhana namun lekat dengan realita kehidupan generasi sekarang.

Video edukasi karya Tim SMPAM TV ini berdurasi 9 menit dengan mengangkat judul Ngajeni. Ide cerita yang disuguhkan berdasar keresahan orang tua terhadap sikap generasi muda yang minim unggah-ungguh serta mulai lunturnya pemahaman terhadap budaya Jawa. Hal ini diyakini sebagai salah satu dampak dari kurang bijaknya menyikapi budaya asing yang masuk di kalangan remaja di era gencarnya teknologi dan komunikasi.

Muhammad Sidiq Saputra sebagai pimpinan produksi menegaskan bahwa adanya gap antara tiga generasi inilah yang menjadi benang merah permasalahan pendidikan karakter dan budaya di kalangan Gen-Milenial dan Gen-Z/Alpha. Gen-Milenial berperan penting sebagai jembatan antara Gen-Z/Alpha dengan Gen-Baby Boomer.

“Sebetulnya, cerita kami cukup kompleks jika dipahami. Pentingnya Gen-Milenial untuk meneruskan apa yang sudah diwariskan Gen-Baby Boomer kepada Gen-Z (generasi muda) saat ini. Unggah-ungguh, budaya, dan pola asuh,” papar Sidiq, Minggu (30/07/2023).

“Generasi Milenial lupa bahwa dirinya harus menjadi contoh yang baik bagi generasi berikutnya, agar nilai-nilai karakter dan budaya yang telah didapatkannya terlebih dahulu dapat tersampaikan,” tambahnya.

Muhda Ashari, sutradara film ini, menggarisbawahi pentingnya sikap ngajeni terhadap sesama, menghargai dan dihargai, sesuai dengan judul film yang diangkat. Jika ingin dihargai, maka kita harus menghargai. Harus ada hubungan timbal-balik.

“Laysa minnaa, Man Laa Yarham Shagiiranaa, wa yuwaqqir Kabiiranaa. Tidak termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi yang lebih muda, dan tidak menghormati orang yang lebih tua,” tuturnya mengutip sebuah hadis Nabi Muhammad saw. tentang adab.

Dari ajang perlombaan tersebut, SMP Muhammadiyah Al Mujahidin memperoleh trofi, piagam penghargaan, serta sejumlah uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Kepala BTKP DIY pada Malam Penutupan Gebyar Anugerah Kihajar 2023 pada Sabtu, 29 Juli 2023 bertempat di Atrium Jogja City Mall.

Sebelum Ngajeni, SMPAM TV juga pernah menerbitkan video pendek berjudul Guru Merdeka dalam Lomba Video Edukasi Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul.

Exit mobile version