SD Muhammadiyah 4 Surabaya Giatkan Orientasi Khusus Guru

SD Muhammadiyah 4 Surabaya Giatkan Orientasi Khusus Guru

SD Mudipat Giatkan Orientasi Khusus Guru

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka mewujudkan intelektual dan spiritual guru yang lebih unggul, SD Muhammadiyah 4 Surabaya mengadakan kegiatan orientasi untuk guru. Kegiatan orientasi ini dihadiri oleh seluruh guru baru. Kegiatan ini dilaksanakan di The Millenium Building (TMB), SD Muhammadiyah 4 Surabaya mulai pukul 15.00 WIB pada Senin (31/7/2023).

Tujuan diselenggarakannya kegiatan orientasi ini adalah mengacu pada proses awal guru baru mengenal dan beradaptasi pada lingkungan sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pembekalan kepada guru baru untuk mengasah pengetahuan dan mengokohkan keyakinan mereka untuk berkontribusi pada sekolah.

Salah satu pemateri pada kegiatan ini adalah Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Edy Susanto, M.Pd., “Guru itu harus mampu beradaptasi pada perubahan dan lingkungannya, termasuk harus bisa menyesuaikan zaman. Sekarang sudah era digital, dan kita harus bisa beradaptasi dengan itu,” Ungkapnya kepada para guru. Ustadz Edy menekankan bahwa hal yang wajib untuk dikembangkan dan dimiliki seorang guru adalah keahlian untuk menyesuaikan perubahan dan zaman. Di era modern, guru tidak hanya dituntut pandai menguasai materi akan tetapi harus mampu melihat bagaimana memahami sekelilingnya, kondisi kelas, karakteristik siswa, dan pendekatan penyampaian materi yang cocok untuk siswa.

“Guru juga harus memiliki pemikiran yang berkembang (growth mindset), dan memiliki pengedalian diri yang matang,” Tutur ustadz Edy menambahkan.

Salah satu menjadi pendidik yang cakap adalah memiliki pemikiran untuk selalu mengembangkan dirinya dan tidak stagnan. Juga pengendalian diri yang sadar akan suatu keputusan dan tindakan yang akan diambil. (Hendra A/Siroj)

Exit mobile version