Ratusan Siswa SMP Muhammadiyah Rambah Hilir Ikuti ASM Tingkat Nasional

Ratusan Siswa SMP Muhammadiyah Rambah Hilir Ikuti ASM Tingkat Nasional

RIAU, Suara Muahammadiyah – Jum’at (04/08/2023) ratusan Siswa SMP Muhammadiyah Rambah Hilir Ikuti Asesmen Sains Muhammadiyah (ASM) Tingkat Nasional yang beralamat di Jalan Utama km.3, Desa Pasir Utama, Kec. Rambah Hilir, Kab. Rokan Hulu. Sebanyak 103 siswa ikuti program ASM Tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh Majelis Dikdasmen & PNF PP Muhammadiyah bekerjasama dengan KPM.

Kegiatan Asesmen Sains Muhammadiyah menggunakan dua cara yaitu online dan offline, untuk tempatnya dilaksanakan di dekolah masing masing dan diikuti oleh semua siswa.

Asesmen Sains Muhammadiyah adalah suatu asesmen untuk menguji kemampuan siswa Muhammadiyah dalam Literasi Sains (IPA) dengan soal-soal berbasis HOTS. Soal Asesmen yang disajikan sudah melalui tahap validasi oleh Excecutive Board Committee International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) yang berasal dari berbagai Negara.

Guru Pembimbing yang turut mendampingi selama Asesmen Sains Muhammadiyah diataranya Ericka Trimaharani S. P., Pipit Rahayu Pinadiah, S.Si., dan Eva Novita Nurhasah, S. Pd.

Menurut kepala SMP Muhammadiyah Rambah Hilir, mengatakan dengan adanya kegiatan ASM peserta didik mulai terlatih dengan bentuk soal yang berbobot atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) sehingga lebih terampil dalam pengerjaan soal ANBK.

Peserta juga termotivasi untuk lebih banyak membaca buku atau literatur yang berkaitan dengan sains, tidak terfokus pembelajaran dikelas atau menunggu di beri dulu oleh guru,” Ucapnya.

Lebih lanjut, “Dengan mengikuti program ini saya bisa mendapatkan pengetahuan dan bisa bermanfaat untuk terus giat belajar supaya bisa berprestasi,” Kesan siswa SMP Muhammadiyah Rambah Hilir atas nama Saskia Aurel kelas 9,” Dengan sering membahas soal-soal dan berlatih mengerjakanya,“ Tambahnya. (Hendra/Sya)

Exit mobile version