Menggembirakan Kaderisasi, Menyambut Generasi

Gebyar Jalan Sehat Pra MUSYCAB Muhammadiyah Kertek

Menggembirakan Kaderisasi, Menyambut Generasi

WONOSOBO, Suara Muhammadiyah – Halaman Klinik Pratama Muhammadiyah Kertek, Wonosobo ramai tak seperti biasanya. Sabtu (12/08/23) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kertek menyelenggarakan jalan sehat dalam rangka  MUSYCAB XI. Dari lokasi start pertama lapangan klinik pratama Kertek, ribuan peserta siap mengikuti jalan sehat.

Peserta jalan sehat terdiri seluruh AUM yang ada di lingkungan Muhammadiyah Cabang Kertek, siswa dan siswi beserta orang tua, ranting yang ada di cabang Kertek, ORTOM dan juga warga sekitar. “Peserta diperkirakan lebih dari lima ribu orang”, kata Yusuf Efendi selaku ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kertek.

Sebelum acara dimulai, diadakan senam pemanasan terlebih dahulu selama 10 menit. Senam yang dipandu oleh IPM Cabang Kertek membuat peserta bergembira dan serentak mengikuti gerakan mereka.

Pembukaan rangkain jalan sehat ini ditandai dengan pelepasan balon, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan peserta yang dilepas langsung oleh bapak Yusuf Efendi. Ribuan peserta mulai berjalan setelah dilepas oleh ketua PCM Kertek dengan pengibaran bendera Muhammadiyah.

Cacha, peserta dari siswi MIM Kertek kelas lima mengatakan senang bisa mengikuti acara ini, “Selain bisa ketemu teman-teman, juga bisa sehat dan nanti dapat hadiah”. Katanya Bersama teman-temannya yang lain.

Menurut ibu Uun , guru MIM Kertek dan juga penanggung jawab acara jalan sehat mengatakan “Kegiatan ini dalam rangka syiar untuk kemeriahan MUSYCAB XI Muhammadiyah Kertek” katanya. “Dan ini juga untuk syiar bahwa Muhammadiyah Cabang Kertek punya banyak kegiatan dan keunggulan”. Ujarnya kemudian.

Setelah jalan sehat nanti akan ada undian berhadiah. Ratusan doorprize sudah disiapkan oleh panitia. “ Hadiah utama adalah mesin cuci” ujar Uun. Sedangkan donator kegiatan berasal dari anggota dan warga Muhammadiyah.

Salah satu ranting yang mengikuti kegiatan jalan sehat ini adalah Ahmad Rifai yang berasal dari ranting Sudungdewo. Beliau mengatakan bahwa dari Ranting Sudungdewo mengirimkan peserta dari  pengurus dan TK Aba serta Siswa-siswinya. Mereka kompak mengenakan seragam putih bertuliskan Ranting Sudungdewo.

Jalan sehat ini mengambil rute yang cukup jauh. Sehingga benar-benar bisa megeluarkan keringat. Hal ini jugalah yang membuat seorang siswi kelas lima MIM kretek, Mafaza, antusias mengikuti jalan sehat. “Senang bisa ikut, katanya, rutenya lebih jauh dari yang tahun kemaren”. Ujanya kemudian.

Menurut ketua PCM Kertek, jalan sehat ini merupakan salah satu bentuk kaderisasi bagi Muhammadiyah Cabang Kertek. Diharapakan dengan begitu banyak peserta dapat memberikan edukasi tentang kegiatan MUSYCAB dan kelak diharapkan banyak generasi muda yang melanjutkan Muhammadiyah Cabang Kertek. Sebagai contoh untuk persiapan kegiatan, anggota Muhammadiyah dari AMM terlibat aktif dalam rangka mensukseskan kegiatan ini.

Muhamamdiyah Cabang Kertek merupakan salah satu cabang besar di Muhammadiyah Wonosobo. Hingga saat ini memiliki 15 Ranting dari 21 Kel/Desa, telah memiliki ortom : ‘Aisiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Kokam, IPM, Tapak Suci, Hizbul Wathan. Memiliki AUM : SMP Muhammadiyah Kertek, MI Muhammadiyah Kertek, MI Muhammadiyah Tlogodalem, TK ABA 1 Kertek, TK ABA 2 Sudungdewo, TK ABA 3 Tlogodalem, Masjid/TK ABA 4 Reco, Masjid Al Jihad, Masjid Yososari, Masjid Nurus Syamsi Bojasari, Masjid At Taqwa Binangun, Masjid Miftahul Huda Bakalan, Masjid Al Muttaqin Sidomukti, Tanah Ngadikusuman, Makam Muhammadiyah Kertek, KB Ulil Albab, KB Nurul Aeni Reco, dan Klinik Pratama.

MUSYCAB Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Kertek akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2023 bertempat di Lodji Marong, Karangluhur Kertek. “Saya berharap dengan kemeriahan acara  MUSYCAB ini, Musycab akan sukses dan melahirkan pemimpin-pemimpin muda yang lebih maju dan progresif”. Tandas Yusuf Effendi. [zk]

Exit mobile version