Pentingnya Ibadah Shalat

Pentingnya Ibadah Shalat

Oleh: Suko Wahyudi, PRM Timuran Yogyakarta

Shalat  merupakan  ibadah  yang  agung  dalam  ajaran  Islam.  Ia  adalah  pokok  kedua  yang  disebutkan  Al-Qur’an  setelah  beriman  kepada  yang  ghaib.  Dan  di  akhirat  nanti  shalat  merupakan  amal  yang  pertama  kali  akan  ditanyakan  oleh  Allah  SwT  kepada  hamba-Nya.

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنْ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ

Sesungguhnya  amal  hamba  yang  paling  pertama  sekali  diperhitungkan  pada  hari  kiamat  adalah  shalatnya.  Jika  didapati  shalatnya  sempurna,  maka  dicatat  sebagai  shalat  yang  sempurna.  Tetapi  jika  kurang  daripadanya  sesuatu.  (Allah)  bertitah,  ,  “Lihatlah  apakah  kalian  mendapatkan  baginya  suatu  amalan  sunah  untuk  melengkapi  apa-apa  yang  kurang  dari  fardhu  itu  dari  amalan  sunnahnya  itu.  Kemudian  semua  perbuatan  diperlakukannya  seperti  itu.”  (HR.  Nasa’i  dan  Ibnu  Majah)

Imam  Ahmad bin  Hambal  mengatakan,  “Bagian  seseorang  di  dalam  Islam  adalah  sesuai  dengan  kadar  bagian  dari  shalatnya.  Kecintaannya  kepada  Islam  sesuai  dengan  kadar  kecintaanya  kepada  shalat.  Oleh  sebab  itu  kenalilah  dirimu  wahai  hamba  Allah!  Dan  takutlah  ketika  engkau  akan  menjumpai  Allah  ternyata  kondisimu  tidak  memiliki  kadar  Islam.  Sebab  kadar  Islam  di  dalam  hatimu  layaknya  seoperti  kadar  shalat  yang  ada  di  dalam  hatimu.”  (Thabaqat  Al-Hanabilah,  1/354)

Dalam  Al-Qur’an  kata  shalat  disebutkan  tidak  kurang  dari  Sembilan  puluh  ayat  dengan  berbagai  maknanya.  Ada  yang  berarti  do’a  sebagaimana  difirmankan  dalam  surat  At-Taubah  [9]  ayat  103,

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Ambillah  zakat  dari  harta  mereka,  guna  membersihkan,  dan  menyucikan  mereka,  dan  berdoalah  untuk  mereka.  Sesungguhnya  doamu  itu  (menumbuhkan)  ketentraman  jiwa  bagi  mereka.  Allah  Maha  Mendengar,  Maha  Mengetahui. 

Shalat  juga  juga  berarti  memberi  berkah,  sebagaimana  firman  Allah,

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا (٥٦)

Sesungguhnya  Allah  dan  para  malakikat-Nya  bersalawat  untuk  Nabi.  Wahai  orang-orang  yang  beriman!  Bersalawatlah  kamu  untuk  Nabi  dan  ucapkanlah  salam  dengan  penuh  penghormatan  kepadanya.  (Al-Ahzab  [33]:  56)

Di  dalam  ayat  tersebut  terdapat  kata  salawat  yang  merupakan  bentuk  jamak  dari  kata  salat  yang  berarti  rahmat,  doa,  dan  berkah,  sebab  ayat  tersebut  menyatakan  bahwa  Allah  memberi  rahmat  dan  berkah  kepada  Nabi  dan  juga  para  Malaikat  mendoakan  Nabi,  serta  kepada  kaum  muslimin  diperintahkan  untuk  memohonkan  rahmat  bagi  Nabi  SaW.

Secara  syar’i  shalat  adalah  menghadapkan  jiwa  kepada  Allah  SwT,  yang  bisa  melahirkan  rasa  takut  kepada  Allah  dan  bisa  membangkitkan  kesadaran  yang  dalam  pada  setiap  jiwa  terhadap  kebesaran  dan  kekuasaan  Allah  SwT.  Menurut  Prof.Hasby  Ash-Siddieqy,  sholat  ialah  menggambarkan  ruhus  shalat  atau  jiwa  shalat;  yakni  berharap  kepada  Allah  dengan  sepenuh  hati  dan  jiwa  raga,  dengan  segala  kekhusyu’an  di  hadapan  Allah  dan  ikhlas  disertai  dengan  hati  yang  selalu  berdzikir,  berdoa,  dan  memuji-Nya.

Shalat  adalah  salah  satu  rukun  atau  pilar  Islam  yang  lima.  Ia  merupakan  bagian  dari  ibadah  khusus  dalam  rangka  menyembah  Allah  SwT  dan  mendekatkan  diri  kepada-Nya.  Shalat  juga  merupakan  ibadah  yang  petama  kali  di  wajibkan.  Ibadah  shalat  mulai  diwajibkan  ketika  Rasulullah  SaW  masih  berada  di  Makkah,  tepatnya  satu  tahun  sebelum  beliau  dan  para  sahabatnya  hijrah  ke  Madinah.  Rasulullah  SaW  menerima  kewajiban  shalat  tersebut  melalui  peristiwa  Isra’  Mi’raj.

قُلْ لِّعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خِلٰلٌ (٣١)

Katakanlah  kepada  hamba-hamba-Ku  yang  telah  beriman:  “Hendaklah  mereka  mendirikan  shalat,  menafkahkan  sebagian  rezeki  yang  Kami  berikan  kepada  mereka  secara  sembunyi  ataupun  secara  terang-terangan  sebelum  datang  hari  kiamat,  yang  pada  hari  itu  tidak  ada  jual  beli  dan  persahabatan.”  (Ibrahim  [14]:  31)

Shalat  adalah  salah  satu  sendi  ajaran  Islam  yang  harus  ditegakkan.  Ia  merupakan  ibadahnya  para  rasul  (Al-Anbiya’  [21]:  73).  Pelaksanaan  shalat  yang  merupakan  ibadah  para  rasul  itu  mungkin  berbeda-beda  sesuai  dengan  keadaan  dan  masa  umat  yang  dituju  dengan  diutusnya  para  rasul  tersebut.  Misalnya  pada  masa  Nabi  Musa  AS,  shalat  diwajibkan  sebanyak  lima  puluh  kali  dalam  sehari  semalam,  dan  untuk  umat  Nabi  Muhammad  SaW  cukup  diwajibkan  lima  kali  sehari  semalam.  Sebagai  perintah  Allah,  shalat  yang  menjadi  kewajiban  umat  Muhammad  SaW  harus  dilaksanakan  sesuai  dengan  tuntunan  yang  telah  Nabi  ajarakan.

صلو ا كما را يتموني أصلي

Shalatlah  kamu  sebagaimana  kalian  melihat  aku  mengerjakan  shalat.  (HR.  Bukhari)

Seluruh  rangkaian  ibadah  di  dalam  agama  Islam  sangatlah  ketat.  Sehingga  ibadah-ibadah  dalam  bentuk  maupun  tata  caranya  tidak  akan  berubah  sejak  awal  mula  ibadah  itu  diperintahkan  sampai  selesainya  umur  dunia.  Demikian  juga  dengan  ibadah  shalat.  Ia  wajib  dilaksanakan  menurut  contoh  dari  Nabi  Muhammad  SaW  dalam  seluruh  rangkaiannya.

Rasulullah  SaW  mengajarkan  shalat  adalah  tindakan  dalam  bentuk  ibadah  yang  diawali  dengan  takbiratul  ihram  dan  diakhiri  dengan  salam.  Permulaan  shalat,  shalat  didirikan  dengan  membaca  kalimat  kebesaran  Allah  SwT.  Allah  Maha  Besar  dengan  segala  sifat-sifat  kemuliaan-Nya.  Pada  saat  orang  shalat  bertakbir,  serempak  jiwanya  bergerak  menghadap  kehadirat  Allah  SwT  demi  memohon  ampun  dan  pertolongan  Allah  SwT.  Selesai  memuji,  memohon  ampun,  dan  pertolongan-Nya  melalui  rakaat  dalam  shalat  dengan  berdiri,  rukuk,  dan  sujud  kemudian  mengucapkan  salam  keselamatan  dan  kesejahteraan  untuk  menyelesaikan  shalat.

Itulah  ibadah  shalat  dalam  Islam  yang  dengan  ibadah  itu  setiap  muslim  diwajibkan  untuk  melaksanakannya.  Mulai  dari  yang  paling  awal  di  waktu  pagi  buta  (Shubuh),  lalu  manusia  terlibat  dalam  aneka  urusan  dunia  dalam  beberapa  saat,  kemudian  kembali  menemui  Allah  SwT  di  siang  hari  (Zhuhur),  untuk  memperkaya  diri  dengan  rahmat-Nya,  guna  menyegarkan  dan  menegaskan  kembali  peran  kita  dalam  kehidupan  ini,  lalu  kembali  kepada  pekerjaan  kita.  Setelah  beberapa  jam,  kembali  lagi  pada  sore  hari  (Asar)  untuk  memperbarui  kesetiaan  kepada  Allah  SwT.  Kemudian  pada  ujung  hari,  ketika  matahari  tenggelam  (Maghrib),  seorang  muslim  kembali  shalat.  Shalat  adalah  pengingat  tetap  bagi  orang  beriman  akan  perannya  dalam  kehidupan.  Ketika  seluruh  aktivitas  hari  itu  usai,  seorang  muslim  kembali  shalat  untuk  pertemuan  terakhir  sebelum  beranjak  tidur  (Isya).  Demikianlah  seorang  muslim  melalui  hari-harinya  dengan  menyembah  Allah  SwT.

Shalat  adalah  tatacara  untuk  menyembah  kepada  Allah  SwT  Tuhan  Yang  Maha  Suci  dan  disembah  dengan  kesucian  lahir  dan  batin.  Hasil  yang  diperoleh  pun  adalah  kesucian  jiwa,  yaitu  segala  kemungkinan  yang  baik.  Jadi,  shalat  mengandung  hikmah  dan  falsafah  hubungan  manusia  dengan  Allah  SwT.  Abdul  Hadi  Hasan  Wahbi  menyebutkan  bahwa  shalat  adalah  benang  merah  dan  sarana  penghubung  antara  hamba  dan  Tuhannya.  Benang  merah  ini  dapat  mendatangkan  kekuatan  baru  bagi  yang  melaksanakannya.  Dengan  shalat  jiwa  akan  merasakan  mendapatkan  bekal  yang  sangat  bernilai  dibandingkan  dengan  segala  kesenangan  duniawi.  Shalat  adalah  penolong  yang  tak  pernah  mengeluh,  bekal  yang  tidak  akan  habis,  penolong  yang  selalu  memiliki  kekuatan  baru,  bekal  bagi  hati,  dan  kunci  yang  selalu  memberi  kecukupan  dn  memenuhi  kebutuhan.  (Nikmatnya  Shalat,  hlm.  13)

Dalam  sebuah  hadits  disebutkan  bahwa,  “Apabila  Rasulullah  SaW  dirundung  suatu  urusan,  maka  beliau  akan  segera  bangkit  untuk  mengerjakan  shalat.”  (HR.  Abu  Dawud).  Berkaitan  dengan  hal  ini  Allah  SwT  telah  menyebutkan  di  dalam  firman-Nya,  Dan  mintalah  pertolongan  (kepada  Allah)  dengan  sabar  dan  shalat  dan  sesungguhnya  yang  demikian  itu  sungguh  berat,  kecuali  bagi  orang-orang  yang  khusyu’.  (Yaitu)  orang-orang  yang  meyakini,  bahwa  mereka  akan  menemui  Tuhannya,  dan  bahwa  mereka  akan  kembali  kepada-Nya.  (Al-Baqarah  [2]:  45-46)

Allah  SwT  memerintahkan  setiap  muslim  untuk  mendirikan  shalat  dan  mengerjakannya  dengan  sempurna,  baik  ketika  berdiri,  rukuk,  maupun  sujud,  dan  menyempurnakan  bacaannya.  Menegakkan  shalat  berarti  meninggalkan  semua  larangan  dan  mengerjakan  semua  perintah  yang  terkandung  di  dalamnya.  Di  dalam  shalat  terdapat  syarat,  rukun,  sunnah,  adab,  hal-hal  yang  makruh  dan  yang  membatalkannya.  Jika  seseorang  memenuhi  syarat,  rukun,  kewajiban,  sunnah  dan  adabnya  serta  meninggalkan  yang  membatalkannya  maka  ia  telah  menegakkan  shalat.  Allah  SwT  telah  menyisipkan  janji  keberuntungan    bagi  orang  yang  khusyu’  di  dalam  shalatnya.  Dan  orang  yang  kehilangan  kekhusyu’an  dalam  shalatnya,  maka  ia  tidak  termasuk  dalam  golongan  orang  yang  beruntung.

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ (١)  الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلٰو تِهِمْ خَاشِعُوْنَ (٢)

“Sesungguhnya  beruntunglah  orang-orang  yang beriman,  (yaitu)  orang-orang  yang  khusyu’  dalam  shalatnya”  (Al-Mukminun : 1-2)

Khusyu’  dalam  shalat  ibarat  ruh  dalam  jasad.  Jasad  yang  ditinggal  oleh  ruhnya,  maka  jasadnya  menjadi  mati,  sehingga  tiada  berguna  lagi.  Khusyu  berarti  memusatkan  kosentrasi  dalam  hati  untuk  menghayati  setiap  apa  yang  digerakkan  dan  diucapkan  dalam  shalat  disertai  perendahan  diri  dan  pengagungan  kepada  Allah  SwT.  Khusyu  merupakan  karakter  orang  beriman  yang  mesti  dimiliki  oleh  setiap  muslim  karena  khusyu’  sangat  mempengaruhi  besar  kecilnya  balasan  bagi  orang  yang  shalat.  Para  ulama  salaf  berkata:

“Shalat  itu  ibarat  engkau  menghadiahkan  seorang  wanita  hamba  sahaya  kepada  sang  Raja.  Bagaimana  tanggapan  sang  Raja,  bila  yang  engkau  hadiahkan  itu  ternyata  tangannya  lumpuh,  atau  sebelah  matanya  buta,  atau  telinganya  tuli,  atau  tangan  dan  kakinya  buntung,  atau  (badannya)  sakit  atau  perangainya  jelek  ataupun  (rupanya)  jelek,  dan  bahkan  sudah  jadi  mayat?  Maka  bagaimana  lagi  tentang  ibadah  shalat,  yang  dijadikan  hadiah  dan  taqarrub  (mendekatkan  diri)  dari  seorang  hamba  kepada  Rabb-Nya?  Padahal  Allah  itu  baik,  yang  tidak  menerima  kecuali  yang  baik.  Termasuk  dari  amalan  yang  tidak  baik  adalah  shalat  yang  tidak  ada  ruhnya.  Sebagaimana  tidak  teranggap  pembebasan  budak  yang  baik,  jika  ternyata  budak  itu  sudah  tidak  ada  ruhnya.”  (Madarijus  Salikin,  1/526)

Motif  utama  dari  khusyu’  dalam  shalat  adalah  hadirnya  hati  orang  yang  shalat  di  hadapan  Allah  SwT  yang  disertai  dengan  rasa  cinta,  pengagungan  kepada-Nya,  takut  akan  siksa-Nya,  hasrat  ingin  mendapatkan  pahala  dan  untuk  merasa  dekat  dengan-Nya.  Sehingga  karenanya  hati  orang  yang  melaksanakan  shalat  akan  merasa  damai,  jiwanya  menjadi  tenteram  dan  gerak  geriknya  menjadi  tenang.  Khusyu’  dalam  shalat  juga  merupakan  aplikasi  akan  sikap  kesopanan  di  hadapan  Allah  SwT.  Wallahu  A’lam.

Exit mobile version