Ini Makna Logo Muktamar ke-23 Ikatan Pelajar Muhammadiyah

Ini Makna Logo Muktamar ke-23 Ikatan Pelajar Muhammadiyah

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pekan depan pada Jumat-Ahad, 18-20 Agustus 2023, Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) akan melaksanakan Muktamar ke-23 di Medan, Sumatera Utara. Muktamar adalah majelis Permusyawaratan Tertinggi dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang dilaksanakan tiap dua tahun sekali.

Adapun dalam upaya untuk menyemarakkan perhelatan muktamar kali ini memerlukan logo. Logo disini diartikan sebagai identitas yang setiap komponennya harus memiliki makna filosofi yang jelas. Sehingga pada Muktamar kali ini diadakan sayembara dalam pemilihan logo Muktamar.

Hasil seleksi sayembara logo, logo yang dibuat Yudha Miftakhudin Kader Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Salaman, Magelang, terpilih sebagai juaranya, Sehingga karyanya menjadi logo Muktamar XXIII, yang akan dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara 2023 mendatang.

Logo Muktamar XXIII IPM pada tahun ini memiliki 4 komponen utama yang terdiri dari Intelektualitas, Agamais, Pencerahan Semesta dan Unggul Berkemajuan. Filosofi dari huruf Nun, Pena, dan buku memiliki arti sebagai bagian dari ilmu pengetahuan yang memberi jalan menuju pemahaman yang bermanfaat bagi semesta.

Adapun kubah masjid diartikan sebagai pusata dari agama atau tempat disanalah diajarkan kebijaksanaan lahir dan batin.Sedangkan bentuk Astrolabe merepresentasikan agama sebagai pedoman kehidupan manusia dan sebagai penunjuk arah untuk kemana kita akan pergi dan kemana kita akan pulang.

Selain itu terdapat juga bentuk Matahari terbit diartikan sebagai semangat dan kehidupan baru setelah kegelapan dan memancarkan rahmat lil alamin, bentuk pesawat kertas merepesentasikan ikhtiar atau usaha dalam menyebarkan kebaikan untuk mewujudkan peradaban utama.

Selain 4 kondimen diatas terdapat juga simbol Identitas Muktamar yang jika diamati di dalam logo terdapat angka 2.3 dan 0 yang jika disusun menjadi 23 yang memiliki arti Muktamar kali ini merupakan Muktamar ke-23. Sedangkan 2023 yaitu arti bahwa pelaksanaan muktamar kali ini di tahun 2023. Selain simbol Identitas Muktamar terdapat juga simbol Identitas tuan rumah yaitu menyertakan Masjid Raya Al-Mashun Medan, Ulos Sadum salah satu kain khas Sumatera Utara dan bendera merah putih. (Try)

Logo Muktamar ke-23 IPM Di sini

Exit mobile version