UMP Tuan Rumah Muswil HW Jawa Tengah

UMP Tuan Rumah Muswil HW Jawa Tengah

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjadi tuan rumah acara musyawarah wilayah ke-IV Hizbul Wathan Jawa Tengah. Acara yang berlangsung di Auditorium Ukhuwah Islamiyah itu digelar pada Jum’at – Ahad, (25-27/8/2023).

Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso melalui wakil rektor III Bidang Kemahasiswaan dan AIK Assoc Prf Ahmad Darmawan PhD dalam sambutannya mengatakan, UMP berharap bisa maju bersamaan dengan persyarikatan Muhammadiyah.

“Belum lama, di bulan yang sama. UMP telah berketempatan acara Musyawarah Nasional Majelis Pemberdayaan Masyarakat dan hari ini Insya Allah ada workshop pengembangan pesantren di lingkungan Muhammadiyah, serta menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting di UMP,” ungkapnya.

Ketua Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wahtan Jawa Tengah Ramanda Sukasno menyampaikan terima kasih dan berharap UMP menjadi universitas yang unggul.

“Universitas Muhammadiyah Purwokerto selalu mendukung semua acara persyarikatan Muhammadiyah. Inilah ramanda kita yang senantiasa untuk memberikan support yang besar terhadap perkembangan Muhammadiyah Purwokerto mendatang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sukasno mengatakan, salah satu kolaborasi yang sudah dilakukan Hizbul Wathan Jawa Tengah bersama pimpinan Aisyiyah Jawa Tengah adalah merintis Pandu HW PAUD Jawa Tengah Aisyiyah sebanyak 2700.

“Alhamdulillah proses pengorganisasi dan kaderisasi di Muhammadiyah terus berjalan. Antara lain kami sebagai organisasi ortonom di wilayah Jawa Tengah yaitu Hizbul Wathan yang berdirinya sudah dimulai sejak tahun 1918 oleh pendiri Muhammadiyah yaitu KH Ahmad Dahlan dengan niat beribadah kepada Allah,” ungkapnya.

Dalam perkembangannya, lanjut Sukasno, Hizbul Wathan alami proses dan pernah melahirkan seorang Jenderal Panglima Besar yang dihormati dan dihargai seluruh rakyat bangsa Indonesia yaitu Panglima Besar Jenderal Sudirman yang lahir di Rembang Purbalingga.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas M Djohar MPd atas nama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang terbesar kepada Wilayah Jawa Tengah yang sudah menjadikan Banyumas ini sebagai tuan rumah Kegiatan Musyawarah Wilayah ke-4 ini.

“Disamping kepercayaan, kegiatan musyawarah wilayah yang ke-IV ini bisa menjadi virus bagi perkembangan Hizbul Wathan di Kabupaten Banyumas. Itu kami sangat berterima kasih sekali. Insya Allah kami yang di Banyumas akan merasa didorong oleh teman-teman dari seluruh Jawa Tengah agar Banyumas lebih maju dan lebih berkembang lagi,” ungkapnya.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Dr Ibnu Hasan MSi mengatakan rektor UMP sudah mencanangkan UMP ini sebagai rumah persyarikatan. Kampus UMP adalah rumah kader, sehingga seluruh aktivitas pembinaan kader perserikatan diterima dengan baik di UMP ini.

“Berbicara kepanduan, sungguh bagi Muhammadiyah merupakan sangat penting dan strategis karena melalui ikhtiar kepanduan yang dibuat oleh KH Dahlan dan kader-kadernya sampai hari ini adalah merupakan media pendidikan kader yang sangat strategis. Jika kita lihat dinamika kepanduan internasional. Saya pernah mendapatkan informasi bahwa dalam kepanduan dunia dinilai sebagai salah satu kepanduan yang memenuhi syarat kemandirian,” pungkasnya.(tgr)

Exit mobile version