• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Jumat, Desember 5, 2025
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Dongkrak Perekonomian Masa Kini Perlu Digital Marketing

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
26 Agustus, 2023
in Berita
Reading Time: 1 min read
A A
0
Dongkrak Perekonomian Masa Kini Perlu Digital Marketing
Share

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah – Desa Banyuroto, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo, menjadi lokasi implementasi peningkatan perekonomian melalui pengabdian yang dilakukan oleh Suryana Hendrawan, S.E., M.B.A., CDMP, melalui pelatihan dan penyuluhan.

Pelatihan ini telah dilaksanakan dua kali pada tanggal 17 Agustus 2023 dan 18 Agustus 2023 lalu. Dengan target masyarakat pelaku UMKM di Desa Banyuroto.

Baca Juga

UMKM Mahasiswa UMJ Pamerkan Produk Unggulan

Rangkul UMKM, Umri Beri Anugerah Karya Kreatif Mandiri

Suryana berharap, dengan adanya pelatihan dan penyuluhan ini, warga menjadi fasih menggunakan digital pada khususnya dan mengerti memasarkan secara digital pada umumnya. “Terkait dengan produk produk yang dihasilkan,” kata Suryana, Sabtu (26/8/2023).

Menurutnya, ada beberapa level dalam pengabdian ini, mulai dari pelaku UMKM yang belum menggunakan digital dalam pemasarannya hingga yang sudah terbiasa menggunakan digital dalam kegiatan bisnisnya.

Untuk warga yang belum menggunakan, mereka diberikan pengetahuan terkait dengan penggunaan digital secara sederhana dan lebih aplikatif sehingga tidak memberikan citra bahwa digital marketing itu susah, berat atau semacamnya.

“Karena aplikasi yang digunakan sekarang lebih mudah digunakan dan di aplikasikan oleh semua kalangan masyarakat,” terang Suryana.

Adapun bagi warga yang sudah terbiasa menggunakan digital dalam bisnis yang dilakukan selama ini, diidentifikasi apa saja yang sudah berkembang sehingga untuk pelatihannya menjadi bisa lebih terfokus berdasarkan bisnis yang telah dijalani dan penggunaan aplikasi digital menjadi lebih terarah dan tepat sasaran.

Mengingat perkembangan teknologi saat ini semakin cepat dan massive, jika bisnis dengan skala UMKM masih hanya mengandalkan pemasaran konvensional, maka akan tergerus habis oleh bisnis start-up yang sudah siap dengan fintech-nya. “Termasuk digital marketingnya,” tandasnya.

Setidaknya, bisnis yang telah dilaksanakan dapat lebih meluas dengan menggunakan metode-metode dan alat-alat dalam digital marketing, baik secara sederhana hingga yang sudah expert hingga pada level profesional dashboard analysis. (Fan)

Tags: Digital MarketingUMKM
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

UMKM Mahasiswa UMJ Pamerkan Produk Unggulan
Berita

UMKM Mahasiswa UMJ Pamerkan Produk Unggulan

4 September, 2023
Rangkul UMKM, Umri Beri Anugerah Karya Kreatif Mandiri
Berita

Rangkul UMKM, Umri Beri Anugerah Karya Kreatif Mandiri

29 Agustus, 2023
Dampingi UMKM, Dosen UAD Adakan PkM di Banyuwangi
Berita

Dampingi UMKM, Dosen UAD Adakan PkM di Banyuwangi

29 Agustus, 2023
Next Post
Dosen UMMAD Menjadi Tenaga Ahli Kementerian Pertanian

Dosen UMMAD Menjadi Tenaga Ahli Kementerian Pertanian

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In