MPAI UAD Adakan Student Mobility ke Malaysia dan Thailand

MPAI UAD Adakan Student Mobility ke Malaysia dan Thailand

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (PAI UAD) 2023 melakukan student mobility ke dua Negara yakni Malaysia dan Thailand. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa Magister PAI UAD diberi tugas untuk mempresentasikan artikel jurnal yang telah disusun sebelumnya kepada dua universitas yakni di Universiti  Malaya Malaysia dan Fatoni University Thailand.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dimulai pada hari Senin (21/08) di Universiti Malaya Malaysia tepatnya di Fakultas Pendidikan. Mahasiswa Magister PAI UAD didampingi langsung oleh para dosen Magister. Pada saat tiba di Universiti Malaya Malaysia disambut hangat oleh civitas akademika Universiti Malaya Malaysia. Kegiatan dimulai dengan perkenalan antar dua universitas, dilanjut menyampaikan maksud dari kedatangan ini. Hal itu  disampaikan langsung oleh ketua program studi Magister PAI UAD yaitu Prof. Dr. Suyadi, M.Pd.I. dia menyampaikan bahwa tujuan kedatangan mahasiswa Magister PAI UAD ke Universiti Malaya Malaysia adalah untuk menjalin silaturahmi, sharing terkait publikasi dan melakukan kolaborasi terkait publikasi.

Setelah acara penyambutan selesai mahasiswa dan para dosen dipisah dengan ruangan yang berbeda. Mahasiswa magister PAI UAD melakukan presentasi dan diskusi artikel jurnal yang didampingi langsung oleh dosen Universiti Malaya Malaysia. Setelah kegiatan tersebut, dosen Universiti Malaya Malaysia memilih tiga presentator terbaik. Kemudian diumumkan pada saat dosen dan mahasiswa berkumpul kembali dalam satu ruangan, tiga presentator terbaik yakni Fadillah Ahmad Nur, Ihda Husnul Khotimah, dan Afaf Wafiqoh Nusaibah. Tiga mahasiswa tersebut diberi kesempatan untuk mengsubmit artikel jurnal ke salah satu jurnal milik Universiti Malaya Malaysia.

Kemudian, presentasi mahasiswa magister PAI UAD dilanjutkan pada esok hari di Fatoni University Thailand tepatnya di Fakultas Studi dan Hukum Islam. Seperti halnya di Universitas sebelumnya, kembali disambut hangat oleh civitas akademika Fatoni University Thailand. Kegiatan diawali dengan perkenalan dua universitas dilanjut dengan penyampaian maksud yang disampaikan oleh Dr. Mhd Lailan Arqam, S.Pd., M.Pd. bahwa kedatangan ini untuk menjalin silaturahmi, bisa melakukan kolaborasi akademik, dan harapan kedepannya dosen Fatoni University Thailand dapat menjadi salah satu penguji tugas akhir tesis dari mahasiswa Magister PAI UAD.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan presentasi artikel jurnal yang telah disiapkan oleh mahasiswa Magister PAI UAD yang disimak langsung oleh jajaran dari civitas akademika Fatoni University Thailand. Respon yang disampaikan oleh pihak Fatoni University Thailand artikel jurnal yang disampaikan sangat menarik untuk dibaca dan dipelajari lebih mendalam. Sehingga dalam hal itu diskusi terkait artikel jurnal yang sudah disampaikan tidak dianjurkan untuk berhenti sampai di forum tersebut.

“Dalam kegiatan student mobility didua universitas menjadikan mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan sudah layak menjadi presentator internasional dan layak mendapat sertifikat sebagai presentator internasional” tutup Lailan Arqam. (AWN)

Exit mobile version