Meneladani Nabi Muhammad saw dalam Perkataan dan Perbuatan

Meneladani Nabi Muhammad saw dalam Perkataan dan Perbuatan

Oleh:  Suko  Wahyudi  (PRM  Timuran  Yogyakarta) 

Nabi  Muhammad  SaW  adalah  manusia  pilihan  yang  Allah  SwT  utus  untuk  menyampaikan  risalah-Nya  kepada  seluruh  umat  manusia.  Beliau  adalah  Nabi  dan  Rasul  terakhir  dari  seluruh  rangkaian  nabi  dan  rasul.  Tidak  ada  lagi  nabi  dan  rasul  setelahnya.  Diutusnya  beliau  merupakan  penanda  sempurna  dan  paripurnanya  risalah  Allah  SwT  di  muka  bumi.

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنْ رِّجَالِكُمْ وَلٰكِنْ رَّسُوْلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا(٤٠)

Muhammad  itu  sekali-kali  bukan  bapak  dari  seorang  laki-laki  di  antara  kalian,  tetapi  dia  adalah  Rasulullah  dan  penutup  Nabi-nabi.  Dan  adalah  Allah  Maha  Mengetahui  segala  sesuatu.  (Al-Ahzab  [33]:  40)

Sebagai  Nabi  dan  Rasul  terakhir,  Nabi  Muhammad  SaW  memiliki  berbagai  keistimewaan  dan  keutamaan  dalam  berbagai  hal.  Di  hadapan  Allah  SwT  beliau  memiliki  kedudukan  yang  agung  melebihi  semua  makhluk  yang  lain.  Allah  SwT  telah  memberi  banyak  keistimewaan  kepada  Nabi  SaW  dengan  memberi  berbagai  macam  pujian  kepadanya  dan  menyebutnya  dalam  Al-Qur’an  dengan  segala  sifatnya  yang  mulia.  Allah  SwT  menyebut  Nabi  SaW  sebagai  pembawa  cahaya  dan  pemberi  petunjuk  kepada  perkara  yang  benar.

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِنَّآ اَرْسَلْنٰكَ شَاهِدًا وَّمُبَشِّرًا وَّنَذِيْرًاۙ (٤٥)  وَّدَاعِيًا اِلَى اللّٰهِ بِاِذْنِهٖ وَسِرَاجًا مُّنِيْرًا (٤٦)

Hai  Nabi,  sesungguhnya  Kami  mengutusmu  untuk  menjadi  saksi,  dan  pembawa  kabar  gembira  dan  pemberi  peringatan,  dan  untuk  menjadi  penyeru  kepada  agama  Allah  dengan  izin-Nya  dan  untuk  menjadi  cahaya  yang  menerangi.  (Al-Ahzab  [33]:  45-46)

يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ قَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيْرًا مِّمَّا كُنْتُمْ تُخْفُوْنَ مِنَ الْكِتٰبِ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍەۗ قَدْ جَاۤءَكُمْ مِّنَ اللّٰهِ نُوْرٌ وَّكِتٰبٌ مُّبِيْنٌۙ (١٥)

Hai  Ahli  Kitab,  sesungguhnya  telah  datang  kepadamu  Rasul  kami,  menjelaskan  kepadamu  banyak  dari  isi  Al-Kitab  yang  kamu  sembunyikan,  dan  banyak  (pula  yang)  dibiarkannya.  Sesungguhnya  telah  datang  kepadamu  cahaya  dari  Allah,  dan  kitab  yang  menerangkan.  (Al-Maidah  [5]:  15)

Sebagai  Nabi  dan  Rasul  terakhir,  Nabi  Muhammad  SaW  adalah  manusia  sempurna  dan  membawa  agama  yang  sempurna.  Setiap  muslim  wajib  untuk  mengikuti  dan  meneladani  beliau  SaW  dalam  seluruh  aspek  kehidupan.  Allah  SwT  telah  menjadikan  masa  kenabian  beliau  sebagai  masa  terbaik  sepanjang  zaman.

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ

Sebaik-baik  manusia  adalah  generasiku,  kemudian  generasi  setelahnya,  kemudian  generasi  setelahnya  lagi,  (HR.  Muslim)

Seluruh  sabda-sabdanya  adalah  hidayah  dan  petunjuk  kepada  jalan  kebenaran.  Seluruh  tingkah  lakunya  adalah  cerminan  dari  Al-Qur’an.  Allah  SwT  berfirman,

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوٰى (٣)  اِنْ هُوَ اِلَّا وَحْيٌ يُّوْحٰىۙ (٤)

Dan  tidaklah  yang  diucapkannya  itu  (Al-Qur’an)  menurut  kemauan  hawa  nafsunya.  Ucapannya  itu  tiada  lain  hanyalah  wahyu  yang  disampaikan  (kepadabya).  (An-Najm  [53]:  3-4)

Nabi  SaW  bersabda,  “Ingatlah  bahwasannya  aku  diberi  Al-Qur’an  dan  yang  semisalnya  bersama  Al-Qur’an.”  (HR.  Ahmad  dan  Thabrani).  Dalam  hadits  lain  beliau  juga  bersabda,  “Ingatlah,  apakah  Isa  adalah  orang  yang  menyampaikan  kabar  tentangku,  sementara  ia  duduk  bersandar  di  atas  singgasananya?”  Beliau  melanjutkan  sabdanya,  “Antara  aku  dan  kalian  ada  kitab  Allah  SwT.  Apabila  kita  menemukan  hal  halal  di  dalamnya,  maka  kita  dihalalkan  terhadapnya.  Namun,  apabila  kita  menemukan  hal  haram  di  dalamnya,  maka  kita  diharamkan  terhadapnya.  Sesungguhnya  apa  yang  diharamkan  Rasulullah  SaW  adalah  sama  dengan  apa  yang  diharamkan  oleh  Allah  SwT…”  (HR.  Ahmad,  Abu  Dawud,  dan  Nasa’i)

Nabi  Muhammad  SaW  dan  generasi  terbaiknya  adalah  teladan  abadi  sepanjang  zaman.  Nabi  Muhammad  SaW  tidak  hanya  menjadi  teladan  bagi  generasi  yang  hidup  di  masanya  saja,  tetapi  juga  bagi  kaum  muslimin  di  masa  sesudahnya.  Dengan  kata  lain,  sang  teladan  itu  adalah  Muhammad  SaW  dan  yang  meneladaninya  adalah  seluruh  kaum  muslimin  di  sepanjang  zaman.  Ketika  itu  Nabi  Muhammad  SaW  merupakan  seorang  teladan  yang  actual  bagi  para  sahabatnya,  bagi  kaum  muslimin  berikutnya  beliau  menjadi  imaginary  educator.  Betapa  pun,  kaum  muslimin  di  seluruh  dunia  mempelajari  satu  ajaran  yang  sama  dari  Al-Qur’an  dan  sunnah.  Dua  perkara  tersebut  telah  terbukti  pula  menjadi  pegangan  dalam  kehidupan  kaum  muslimin.

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

Aku  tinggalkan  pada  kalian  semua  dua  perkara,  yang  kamu  tidak  akan  tersesat  selamanya  bila  kalian  berpegang  teguh  dengan  keduanya,  yaitu  Kitab  Allah  dan  Sunnahku.  (HR.  Hakim)

Karena  itu  meneladani  beliau  adalah  salah satu  prinsip  agama  Islam  dan  salah  satu  ketentuan  syariat  yang  harus  diterima  lahir  batin  serta  menjadi  perkara  yang  wajib  untuk  diketahui  oleh  setiap  muslim.

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا لِيُطَاعَ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَلَوْ اَنَّهُمْ اِذْ ظَّلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ جَاۤءُوْكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللّٰهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُوْلُ لَوَجَدُوا اللّٰهَ تَوَّابًا رَّحِيْمًا (٦٤)

Dan  Kami  tidak  mengutus  seorang  rasul  melainkan  untuk  ditaati  dengan  izin  Allah.  Dan  sungguh,  sekiranya  mereka  setelah  menzalimi  dirinya  datang  kepadamu  (Muhammad),  lalu  memohon  ampunan  kepada  Allah,  dan  Rasul  pun  memohonkan  ampunan  untuk  mereka,  niscaya  mereka  mendapati  Allah  Maha  Penerima  tobat,  Maha  Penyayang. (An-Nisa’  [4]:  64)

وَمَآ اٰتٰىكُمُ الرَّسُوْلُ فَخُذُوْهُ وَمَا نَهٰىكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوْاۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِۘ (٧)

Apa  yang  diberikan  Rasul  kepadamu  maka  terimalah  dia.  Dan  apa  yang  dilarangnya  bagimu  maka  tinggalkanlah;  dan  bertakwalah  kepada  Allah.  Sesungguhnya  Allah  sangat  keras  hukuman-Nya. (Al-Hasyr  [59]:  7)

Berkaitan  dengan  ayat  di  atas,  Ibnu  Katsir  menjelaskan  bahwa  maksudnya  ketika  Nabi  memerintahkan  kalian  maka  kerjakanlah  dan  apa  yang  beliau  larang  bagi  kalian  maka  tinggalkanlah.  Karena  yang  beliau  perintahkan  hanyalah  kebaikan  dan  yang  dilarangnya  sudah  pasti  merupakan  keburukan.  (Tafsir  Ibnu  Katsir,  8/67)

Ibnu  Taimiyah  mengatakan,  “Bahwa  pilar  kebahagiaan  dan  hidayah  adalah  dengan  meneladani  Rasulullah  SaW.  Sebaliknya  pangkal  kesesatan  dan  kesengsaraan  adalah  karena  menyelisihinya.  Sesungguhnya  setiap  kebaikan  diseluruh  penjuru  alam  semesta  ini,  baik  yang  sifatnya  umum  maupun  khusus,  sumbernya  dari  diutusnya  rasul.  Begitupula  dengan  semua  keburukan  yang  menimpa  umat  manusia  di  alam  semesta  adalah  karena  penyimpangan  terhadap  petunjuk  rasul  dan  tidak  mengetahui  ajarannya.  Maka  kebahagiaan  dunia  dan  akhirat  adalah  dikarenakan  mengikuti  tuntunannya.”

Meneladani  Nabi  Muhammad  SaW,  dalam  khazanah  bahasa  Arab  disebut  dengan  ittiba’.  Yaitu  suatu  upaya  maksimal  untuk  mengikuti  dan  meneladani  pihak  tetentu  dengan  penuh  keakuratan,  totalitas,  dan  loyalitas.  Menurut  Ibnu  Abdil  Barr,  ittiba’  atau  meneladani  adalah  menhikuti  hujjah  atau  dalil  yang  kuat,  yaitu  mengikuti  pendapat  yang  otoritatif  yang  diwajibkan  kepada  kita  untuk  mengikutinya.  Dalam  hal  ini,  Rasulullah  Muhammad  SaW  adalah  pihak  yang  paling  otoritatif  yang  memiliki  legalitas  untuk  diikuti  perintahnya.

Sebagai  pilar  utama  agama  Islam  meneladani  Nabi  Muhammad  SaW  merupakan  pilar  yang  mencakup  seluruh  dimensi  kehidupan.  bukan  hanya  menyentuh  dimensi  keakhiratan,  tetapi  juga  menyentuh  dimensi  duniawi  yang  memiliki  keterkaitan  sangat  erat  dengan  interaksi  sosial  sehari-hari.  Meneladani  nabi  SaW,  sebagaimana  dikatakan  oleh  para  ulama  adalah  mencontoh  dan  meneladani  beliau  ranah  keyakinan,  ucapan,  amal  perbuatan,  dan  tindakan  meninggalkan.  Yaitu  dengan  mengerjakan  seluruh  aspek  dalam  ranah  tersebut  sesuai  dengan  yang  telah  dicontohkan  baginda  Nabi  SaW,  baik  yang  status  hukumnya  wajib,  sunnah,  mubah,  makruh,  ataupun  yang  haram,  disertai  dengan  niat  meneladani  Nabi  SaW.

Meneladani  Nabi  SaW  dalam  hal  keyakinan  adalah  dengan  meyakini  apa  yang  beliau  yakini  dengan  disertai  keyakinan  bahwa  akidah  tersebut  adalah  akidah  Nabi  SaW  dan  keyakinan  beliau.

Meneladani  Nabi  dalam  ucapan  adalah  dengan  melaksanakan  isi  sabdanya,  bukan  hanya  menghafal  redaksional  atau  mengulang-ulang  lafalnya  saja.  Sebagai  contoh,  ketika  Nabi  bersabda:

صلو ا كما را يتموني أصلي

Shalatlah  kalian  sebagaimana  kalian  melihat  aku  shalat.  (HR.  Bukhari)

Maka  meneladani  beliau  SaW  dalam  sabdanya  tersebut  adalah  dengan  mengaktualisasikan  ibadah  shalat  sebagaimana  yang  telah  beliau  contohkan.

Contoh  lainnya  ketika  Nabi  bersabda:

Janganlah  kalian  saling  dengki  dan  dan  menggembosi  harga  barang  yang  akan  dibeli  orang  lain.  (HR.  Muslim)

Maka  meneladani  beliau  dalam  sabdanya  tersebut  adalah  dengan  menjauhi  sifat  dengki  dan  meninggalkan  perilaku  menggembosi  atau  merusak  harga  pasar.

Juga  dengan  mengimplementasikan  sabda  beliau:

Barangsiapa  ditanya  tentang  suatu  ilmu  yang  diketahuinya  kemudian  ia  menyembunyikannya,  maka  ia  akan  dikekang  dengan  tali  dari  neraka.  (HR.  Tirmidzi  dan  Ibnu  Majah)

Yaitu  dengan  mengajarkan  ilmu  yang  benar  dan  bermanfaat,  serta  tidak  menyembunyikannya.

Meneladani  beliau  dalam  amal  perbuatan  berarti  mengerjakan  perbuatan  tersebut  seperti  contoh  yang  telah  dikerjakannya,  disertai  keyakinan  bahwa  amal  perbuatan  tersebut  adalah  perbuatan  yang  telah  dikerjakannya.

Sedangkan  meneladani  dalam  tindakan  meninggalkan  adalah  meninggalkan  berbagai  hal  yang  ditinggalkan  oleh  Rasulullah  SaW.  Contohnya,  Rasulullah  meninggalkan  shalat  di  saat  terbitnya  matahari,  maka  kita  pun  harus  meninggalkan  shalat  di  saat  terbit  matahari  sesuai  dengan  petunjuknya,  disertai  dengan  keyakinan  bahwa  ini  adalah  benar-benar  perbuatan  yang  ditinggalkan  Rasulullah  SaW.

Meneladani  Nabi  Muhammad  SaW  adalah  sesuatu  yang  bersifat  mutlak.  Semua  yang  ada  pada  diri  Rasulullah  SaW  adalah  keteladanan  yang  diridhai  Allah  SwT.  Mengikuti  dan  meneladani  beliau  berarti  mengikuti  petunjuk  yang  lurus  (Ali-Imran  [3]:  31).  Sedangkan  berpaling  dari  ketaatan  dan  keteladanan  terhadap  Rasulullah  SaW  merupakan  sebuah  kedurhakaan  dan  bagi  pelakunya  kesudahan  yang  buruk  dan  mendapatkan  kemurkaan  dari  Allah  SwT.

وَمَنْ يَّعْصِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَيَتَعَدَّ حُدُوْدَهٗ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيْهَاۖ وَلَهٗ عَذَابٌ مُّهِيْنٌ  (١٤)

Dan  barangsiapa  mendurhakai  Allah  dan  Rasul-Nya  dan  melanggar  batas-batas  hukum-Nya,  niscaya  Allah  memasukkannya  ke  dalam  api  neraka,  dia  kekal  di  dalamnya  dan  dia  akan  mendapat  azab  yang  menghinakan. (An-Nisa’  [4]:  14).  Wallahu  A’lam.

 

 

 

 

Exit mobile version