Musycab Perdana PCM dan PCA Garung Wonosobo

Resmikan Gedung Baru SD ABF KHalifa

Musycab Perdana PCM dan PCA Garung Wonosobo

WONOSOBO, Suara Muhammadiyah – Setelah enam tahun berdiri dan berkembang menjadi sebuah Cabang, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Garung melaksanakan agenda Musyawarah Cabang yang pertama kalinya. Kegiatan Musycab diselenggarakan di Komplek SD Aisyiyah Blingual Fulldayschool Khalifa Garung, Wonosobo. Musycab dibuka pada hari Ahad, 03/09/23.

Pembukaan Musyawarah Cabang dibuka langsung oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wonosobo, KH. Musbihun Munawar. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Camat dan Forkopimca Garung, PDA Wonosobo, serta unsur PCM Zona Utara Muhammadiyah Wonosobo. kegiatan juga diisi  dengan pengajian yang disampaikan oleh KH. Mutholib dari Jlamprang, Wonosobo.

Sumarno, M. Pd,  selalu ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini mudah-mudahan bisa menghasilkan keputusan terbaik dan juga memberikan kontribusi bagi Kecamatan Garung secara utuh.

Camat Garung Amin Purnadi menyambut dengan hangat program-program yang akan dihasilkan dalam Musycab ini. Memberikan kontribusi yang positif dalam memajukan Kecamatan Garung. “Salah satu yang menjadi pekerjaan besar Kecamatan Garung adalah pernikahan anak di bawah umur. Saat ini kita peringkat tertinggi di kabupaten Wonosobo” ujar beliau.

“Keberadaan Muhammadiyah Cabang Garung merupakan amanat dari Musyawarah Ranting Garung yang akhirnya berkembang menjadi Cabang”. Ujar Bapak Ainur Raziq, M. Eng., sebagai ketua PCM Garung. Dengan kuantitas SDM yang terbatas kami terus berkonsolidasi dan merapatkan barisan agar tetap bisa melaju dan menjadi cabang yang berkemajuan.” Ujarnya kemudian.

Pimpinan Muhammadiyah Cabang Garung mempunyai tiga Ranting, Garung, Kuripan dan Siwuran. Dengan tiga Ranting itu kini Cabang Garung memiliki komplek perguruan Muhammadiyah yang maju dan berkelas. Ada kurang lebih 250 siswa yang kini bersekolah di perguruan tersebut yang terdiri dari KB, TK dan SD ABF Khalifa.

Bersamaan dengan pembukaan Musycab ini juga diresmikan gedung baru SD ABF Khalifa. Gedung dua lantai yang diberi nama istri Rasulullah SAW. Gedung Khadijah. Gedung baru ini diresmikan oleh Pimpinan Daerah Aiyiyah Wonosobo, Hj. Munjiyatun secara simbolis dengan pemotongan pita. Masih menurut Ainur Raziq, Gedung Khadija sepenuhnya berasal dari sumbangan warga. Nilai total pembangunan gedung ini hampir mencapai angka 1 milyar.

Agenda terkahir dari Musycab adalah pemiihan formatur pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah. Fauzan Nashrullah sebagai ketua Panlih mengatakan saat ini sudah terpilih 7 formatur tetap, dan nanti akan dikukuhkan dan tingal musyawarah Formatur untuk menentukan ketua formatur.

Sedangkan untuk Aisyiyah, menurut ibu Rumpiyati, ada 17 calon formatur yang akan dipilih nanti. “Tujuh formatur tetap akan dipilih nanti, sedangkan pemilihan akan menggunakan polling melalui whatsapp Grup”. Ujar beliau di sela-sela pembukaan Musycab.

Pembukaan Musycab dimeriahkan dengan penampilan tari Saman, Tapak suci serta pidato Bahasa Inggris dari SD ABF Khalifa. “Saya menangis mendengar anak SD pidato dalam Bahasa Inggris”. Ujar Kiayi Mutholib. Beliau terharu karena dulu kondisi tidak memungkinkan diirinya belajar Bahasa Inggris.

“Salah satu bentuk menyuruh pada yang ma’ruf atau kebaikan itu adalah melalui Pendidikan. Dan dengan pendidikanlah kemudian kita bisa teguh beriman dan hidup dalam ketenangan”. Pungkas Kiyai Mutholib

Agenda setelah pembukaan dilanjutkan dengan Laporan Pertanggung Jawaban dan perencanaan program kerja 5 tahun ke depan. Ainur Roziq mengatakan bahwa, “kedepan kita lebih menguatkan konsolidasi dan kekuatan. Karena tantangan yang semakin besar serta SDM yang terbatas kita perlu kekuatan”.

Lebih lanjut beliau menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan bekerja sama baik itu dari unsur Ormas Islam, Pemerintahan, wali murid, warga masyarakat Garung secara umum maupun warga Muhammadiyah Garung secara khusus. “Tanpa Kerjasama berbagai pihak tentu kita tidak bisa melaksanakan beragam program dan kegiatan.” Pungkasnya kemudian.

Dalam Musycab yang perdana ini terpilih sebagai ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Garung adalah Bapak Fathul Bari dan Sukanto, S. Pd., M. M. Pd. Sedangkan untuk Pimpinan Cabang Aisyiyah terpilih Siti Rohayah sebagai ketua dan sekretaris Fajar Sulistyowati. (Pauzan S)

Exit mobile version