Kilatan Cahaya Mahasiswa KKN UMG di Desa Sedagaran

Kilatan Cahaya Mahasiswa KKN UMG di Desa Sedagaran

GRESIK, Suara Muhammadiyah – Kilatan cahaya kamera menyala di Desa Sedagaran, Sidayu, Gresik, Ahad pagi, 18 Agustus 2024, menandai langkah baru bagi para pelaku UMKM di desa ini. “Jepret UMKM” begitu nama kegiatan yang digagas oleh Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) Kelompok 03 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Moh.Agung Surianto S.E, M.SM menyulap produk-produk lokal menjadi bintang di dunia digital.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui dokumentasi foto produk menjadi salah satu strategi utama. Pemberdayaan, sebagai upaya meningkatkan kemandirian masyarakat, kali ini diwujudkan melalui pengambilan foto produk yang berkualitas.

Anissa Fitriani, Ketua KKN UMG mengungkapkan pentingnya kegiatan ini bagi para pelaku UMKM agar produk-produk mereka dikenal lebih luas. “Kegiatan ini sangat penting bagi para pelaku UMKM supaya produk mereka dikenal lebih banyak orang. Foto produk ini bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan usaha mereka,” ujarnya.

Daffa Fahrur Robbani, salah satu mahasiswa KKN, menyatakan bahwa kegiatan pemasaran melalui foto produk ini mendapat sambutan hangat dari para pelaku UMKM di Desa Sedagaran. “Banyak masyarakat yang sangat antusias, terlihat dari wajah sumringah dan semangat luar biasa dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Maulidiyah Wardhini Mahasiswa KKN UMG menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih mengembangkan produk mereka melalui akun e-commerce yang mereka miliki, sehingga jangkauan pemasaran menjadi lebih luas.

Munif Efendi, Kepala Desa Sedagaran, mengaku sangat bahagia dan bangga melihat antusiasme warganya dalam mengikuti kegiatan ini. “Saya sangat mengapresiasi mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Gresik sebagai penyelenggara kegiatan. Kegiatan ini memberikan dampak positif, baik bagi pelaku UMKM maupun Desa Sedagaran,” tuturnya.

Ahmad Safiul Muzaqi Mahasiswa KKN UMG juga menambahkan bahwa manfaat lain dari pemasaran produk dengan foto berkualitas adalah dapat menarik minat pelanggan, sehingga muncul keinginan untuk membeli produk tersebut.

Tak hanya itu, respon positif juga diungkapkan oleh salah satu pelaku UMKM. “Mbak dan Mas, saya sangat suka dengan adanya kegiatan ini karena produk saya terlihat estetik. Saya juga mendapat ilmu baru mengenai foto produk ini,” ujarnya.

Exit mobile version