SMK Muhammadiyah Lebaksiu Giatkan Gerakan Literasi Sekolah

SMK Muhammadiyah Lebaksiu Giatkan Gerakan Literasi Sekolah

LEBAKSIU, suaramuhammadiyah.id– Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas para siswa SMK Muhammadiyah Lebaksiu Kabupaten Tegal, memprogramkan gerakan Literasi Sekolah, pada Kamis (8/9). Kegiatan tersebut digerakkan oleh Guru Bahasa Indonesia sebagai wujud untuk membudayakan membaca dan menulis sekaligus meramaikan kegiatan kunjungan ke Perpustakaan Sekolah.

Hendra Apriyadi selaku Guru Bahasa Indonesia kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Lebaksiu mengatakan,  “Kegiatan literasi merupakan kegiatan membaca dan menulis (literasi) salah satu aktivitas penting dalam kehidupan. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dengan baik akan memengaruhi keberhasilan seseorang dalam menyelesaikan pendidikan. ketrampilan membaca menjadi keterampilan yang sangat penting untuk dikembangkan menjadi budaya, bahkan kebutuhan setiap orang,” ujarnya.

Pembelajaran Bahasa Indonesia tidak lepas dari 2 kegiatan tersebut. Sebagai seorang guru harus bisa memotivasi dan menginspirasi para siswa untuk mengerakan sebuah karya. “Maka dari itu sebagai proses pembelajaran saya wajibkan pada siswa untuk membaca buku sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan menulis para siswa berlomba –lomba untuk menulis cerpen , puisi dan naskah drama setelah itu  para siswa  mengapresiasikan dengan Membaca maupun dipublikasikan di media.berupa Blogspot maupun madding yang berada di sekolah,” katanya.

Sementara Waka Kurikulum, Andi Riswandi menyatakan bahwa saat ini SMK Muhammadiyah Lebaksiu terus memacu semangat untuk meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik maupun lulusannya. Adanya kegiatan literasi sekolah yang digiatkan oleh para guru sangat baik sekali dan mendukung program pemeritah.

“Selain itu kegiatan yang ada di SMK Muhammadiyah Lebaksiu juga membudayakan membaca Al-Quran setiap Jumat pertama yang diprogramkan, salah satu tujuannya adalah untuk menanamkan karakter dan kepribadian yang berahlakul karimah,” kata Andi Riswandi, (Humas SMK Muhammadiyah Lebaksiu)

 

Exit mobile version