Begini Analisa Din Syamsuddin Dibalik Kasus Ahok

Begini Analisa Din Syamsuddin Dibalik Kasus Ahok

JAKARTA, Suara Muhammadiyah—Ketua Majelis Pertimbangan MUI, Prof Din Syamsuddin menyatakan bahwa kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahoh harus dilihat secara komprehensif.

“Melihat kasus Ahok perlu secara komprehensif, tidak cukup dengan analisa kacamata kuda tentang ujarannya di Pulau Seribu apalagi berhenti pada alasan semantik belaka. Hal itu pun tidak perlu diperbalahkan (bantah), karena jelas dia memberi penilaian (judgement) terhadap pemahaman orang lain dengan kata pejoratif,” ujar Din.

Menurutnya, karena Ahok sudah minta maaf maka harus dimaafkan asal tidak mengulanginya lagi. Namun ada permasalahan yang lebih besar dari kejadian di pulau kecil itu. “Permasalahan, bahkan ancaman nyata, adalah fakta adanya ‘kekuatan uang’ (the power of money) yang tengah menguasai  Indonesia,” katanya.

“Cengkeramannya bagaikan naga raksasa yang sedang melilit NKRI yang kaya raya, dan satu-persatu kekuatan penghalangnya dilumpuhkan bahkan dimatikan dengan uang. Proses ini tidak terlepas dari perkembangan geo-politik dan geo-ekonomi global dan regional,” lanjut Din.

Sayangnya, kata Din, Indonesia tidak memiliki mekanisme pertahanan diri (self defense mechanism), dibuktikan dengan infrastruktur nasional yang rapuh, mulai dari pemerintah, partai politik, ormas, sampai kepada pers. Semua komponen itu, sebut Din, banyak terdiri dari orang-orang lemah baik iman,  akal pikiran dan komitmen kerakyatan.

“Hal ini akan membawa Indonesia mengalami malapetaka dan terjatuh dalam nestapa. Kasus Ahok tidak kecil. Terlalu mahal harganya untuk dibiarkan tumbuh, karena akan menjadi kanker yang merusak integrasi dan harmoni bangsa,” papar Din.

Din menilai bahwa ujaran Ahok di Pulau Seribu adalah bentuk intolerasi dan rendahnya kadar tenggang rasa. “Akar tunjang permasalahan harus diamputasi. Dan solusi terbaik adalah penegakan hukum yang berkeadilan. Sekali lagi Yang Berkeadilan. Kalau tidak, maka yakinilah Allah Swt Maha Adil. Dia akan menetapkan keadilanNya, kini-disini atau nanti-disana,” tutup Din (Ribas).

Exit mobile version