SMK Muhammadiyah Lebaksiu Adakan Praktik Kerja Industri

SMK Muhammadiyah Lebaksiu Adakan Praktik Kerja Industri

LEBAKSIU, Suara Muhammadiyah– Salah satu tujuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah menyiapkan peserta didik sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, terdidik dan profesional serta mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi.  Untuk mencapai tujuan tersebut, penyelenggaraan pendidikan dilakukan dengan sistem ganda, yaitu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan memadukan antara pembekalan aspek normatif, adaptif dan dasar produktif di sekolah dengan pembekalan aspek produktif serta spesialisasi di Dunia Usaha/Industri (DU/DI).

Dalam rangka itu, SMK Muhammadiyah Lebaksiu menyelenggarakan kegiatan Prakerin yang diikuti oleh siswa kelas XI Farmasi, Akuntansi dan Analis Kesehatan. Pelepasan siswa prakerin dimulai sejak tanggal 27 Desember 2016 dan akan berahir pada bulan Mei 2017. Para siswa selama 3 bulan  secara langsung berlatih bekerja di Industri yang sudah menjalin kerjasama.

Dunia Usaha dan Industri menyambut baik atas kerjasama yang diajukan untuk pengembangan mutu lulusan yang berkompetensi. Tempat Prakerin di antaranya adalah di Rumah Sakit, Puskesmas, Apotek , BTM. BANK, dan Instansi di Kabupaten Tegal.

Salah satu tujuan diadakan prakerin adalah untuk mengenal secara cermat lingkungan fisik, administratif dan etos kerja serta hubungan sosial DU/DI sebagai tempat kerjanya kelak melalui refleksi yang merupakan salah satu ciri penting pekerjaan profesional. “Menguasai dan mampu menerapkan berbagai keterampilan praktek, mampu menarik pelajaran dan penghayatan serta pengalamannya selama latihan praktek DU / DI, Mampu menerapkan ilmu yang didapat di sekolah untuk diterapkan di dunia kerja,” ungkap Fiqy Taufiq Hidayat, SFarm Apt selaku ketua Prakerin.

Akhmad Rizal, SAg selaku kepala sekolah sangat mendukung penuh kegiatan ini. “Sebagai sekolah Muhammadiyah kami bersama tim penggerak dan pengembang sekolah berupaya memberikan pelayanan yang maksimal untuk mencapai keberhasilan para lulusan yang berkompetensi sesuai dengan Kompetensi Keahlian. Para siswa prakerin ini yang nantinya akan menjadi bekal yang siap bekerja di Dunia usaha maupun industry,” ungkap Kepala SMK Muhammadiyah Lebaksiu (Hendra Apriyadi).

Exit mobile version