Pelajari Kearsipan, Siswa SMK Muhammadiyah Lebaksiu Sambangi BASIPDA

Pelajari Kearsipan, Siswa SMK Muhammadiyah Lebaksiu Sambangi BASIPDA

LEBAKSIU, Suara Muhammadiyah- Siswa-siswi SMK Muhammadiyah Lebaksiu, Kabupaten Tegal melakukan kunjungan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu. Kunjungan yang dimaksudkan sebagai pengamatan mengenai cara pengarsipan yang baik sesuai standar ini disambut baik oleh dinas setempat.

Guru pengampu Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Lebaksiu, Nurkhimatul mengatakan bahwa kegiatan ini diprogramkan oleh pihaknya dengan menekankan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana bantu pengelolaan arsip, terutama untuk jenis arsip konvensional (non-elektronik), yang untuk seterusnya disebut dengan otomasi kearsipan.

“Teknologi informasi dan komunikasi dalam hal ini bisa digunakan untuk keperluan administrasi umum, kontrol fisik atas arsip, pengolahan dan penyajian informasi arsip, penemuan kembali informasi arsip, serta penggunaan lainnya yang berkaitan dengan penciptaan, pemeliharaan dan penggunaan,” jelasnya.

Kepala Bidang Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tegal, Tamilah mengaku senang atas diadakannya kunjungan ini. Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan bagian dari pembelajaran tentang kearsipan yang dilakukan oleh siswa Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Lebaksiu.

“Alhamdulillah saya sangat senang bisa silaturahim dengan adik-adik dari SMK Muhammadiyah Lebaksiu Kabupaten Tegal. Kedatangan ini merupakan bagian pembelajaran yang baik, kreatif, dan inovatif sehingga para siswa langsung mengamati dan melihat proses kearsipan yang baik. Semoga bermanfaat,” ungkapnya.

Penjelasan mengenai kearsipan disampaikan secara lengkap oleh Tri Tatang Wiyono meliputi pengenalan tempat atau lemari kearsipan, serta penataan arsip secara prosedur. Para siswa  mengamati dengan penuh semangat dengan melihat secara langsung dan praktek. Kearsipan ini mempunyai tujuan untuk pengamanan dan pendokumentasian.

Siswa kelas X Administrasi Perkantoran, Nurhaliza mengaku bangga dengan sekolahnya. Menurutnya, pembelajaran di SMK Muhammadiyah Lebaksiu kreatif dan tidak membosankan. “Saya bangga menjadi bagian Pelajar di SMK Muhammadiyah Lebaksiu karena kami diajarkan berbagai macam keilmuan serta tata cara pengelolaan kearsipan sehingga bermanfaat,” ujarnya (Hendra Apriyadi).

Exit mobile version