Ratusan Siswa Baru SMK Muhammadiyah Lebaksiu Ikut Fortasi

Ratusan Siswa Baru SMK Muhammadiyah Lebaksiu Ikut Fortasi

TEGAL, Suara Muhammadiyah- Ratusan peserta didik baru SMK Muhammadiyah Lebaksiu mengikuti pembukaan Fortasi (Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa Baru) Tahun pelajaran 2017/2018 di Gedung Indoor SMK Muhammadiyah Lebaksiu. Kegiatan yang diselenggarakan mulai Senin- Kamis (17-20/7) ini diikuti para siswa dengan penuh semangat dan menyenangkan.

Untuk diketahui, Fortasi merupakan program dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan sekolah Muhammadiyah seluruh Indonesia atas himbauan dari Pimpinan Pusat (PP) IPM nomor A.1/PP IPM-157/2017 agar sekolah Muhammadiyah dari jenjang SMP/MTs/SMA/SMK/MA Muhammadiyah se Indonesia  menggunakan nama FORTASI (Forum Ta’aruf dan Orientasi) dengan tema “Membangun spirit Pelajar Berkemajuan Mewujudkan Pelajar Berkarya Nyata”.

Ketua Pimpinan Ranting IPM SMK Muhammadiyah Lebaksiu, Afifah menuturkan bahwa mengutip pesan Ketua Umum PP IPM, tema “Pelajar Berkarya Nyata” yang diusung adalah untuk semakin membumikan gerakan dan program yang membela hak-hak pelajar dan berguna bagi umat Islam, bangsa Indonesia, dan kemanusiaan.

“Tujuan IPM adalah untuk mewujudkan pelajar yang berilmu, berakhlak mulia, dan terampil,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Lebaksiu Andi Riswandi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para peserta didik baru. Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan Fortasi ini merupakan salah satu bentuk pendidikan berkarakter. Menurutnya, di dalam kegiatan Fortasi ini peserta didik baru akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat salah satunya pengenalan lingkungan sekolah, serta penerapan kegiatan gerakan literasi sekolah.

“Kami bekerjasama dengan Kapolsek dan Koramill akan menjadi narasumber tentang penyuluhan bahaya Narkoba, dan Pendidikan Bela Negara bagian dari pendidikan karakter kedisiplinan. Sedangkan untuk pengenalan tetang kaderisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah akan di sampaikan oleh PD IPM Kabupaten Tegal,” terangnya.

Sebagai penutup kegiatan Fortasi nantinya, pihak sekolah mengagendakan digelarnya Kuliah Premium dengan menghadirkan motivator dari Pekalongan serta Direktur Lazismu Kabupaten Tegal yang akan diikuti oleh peserta didik dari SMP dan SMK, serta para guru SMP/SMK Muhammadiyah Lebaksiu.

“Saya berharap kegiatan Fortasi ini bisa bermanfaat untuk mendidik tanpa pepeloncohan siswa baru. Dan Selaku Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah dibidang pendidik kami siap mendukung dan mensukeskan program Kemendikbud tentang Penguatan Pendidikan karakter dan penerapan Full Day School,” tandasnya (Hendra Apriyadi).

Exit mobile version