SMP Lab School Unismuh Makassar Kembangkan Pendidikan Karakter

SMP Lab School Unismuh Makassar Kembangkan Pendidikan Karakter

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah– SMP Lab School Unismuh Makassar yang dibawahi oleh Badan Pelaksana Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Makassar terus mengembangkan pendidikan yang unggul berbasis pada penguatan karakter.  Dengan mengusung visi, “Mantap Keimanan, Unggul Intelektual, Anggun Berakhlak dan Sigap Berkarya,” menjadi daya dorong Lab. School SMP Unismuh Makassar untuk terus lebih baik dan berkemajuan.

“SMP Lab School Unismuh Makassar saya rintis bersama ketua BPH unismuh ketika itu KH Djamaluddin Amin, berdiri sejak 2003 dan sejak itu pula saya didaulat untuk memimpin sekolah tersebut,” tutur Kepala Sekolah Lab. School SMP Unismuh Makassar, Prof Irwan Akib MPd kepada Suara Muhammadiyah, Kamis (27/7).

Menurut Irwan, melalui visi “Mantap Keimanan, Unggul Intelektual, Anggun Berakhlak dan Sigap Berkarya,” ini diharapkan para lulusan SMP Unismuh Makassar tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga memiliki kekuatan iman dan keanggunan di dalam berakhlak serta terampil dalam berkarya.

Sejak berdiri, kata Irwan Akib, SMP ini memulai aktivitas pembelajaran pukul  7 pagi hingga ba’ da ashar. Sehingga siswa shalat berjamaah dhuhur dan ashar di Masjid sekolah. “Pelajaran pertama diawali dengan tadarrus,” ujar mantan rektor Unismuh Makassar. Sekolah juga menyiapkan khusus kelas tahfidz setiap dua hari sepekan mulai pukul 13.00 sampai shalat ashar. Setiap selesai shalat berjamaah siswa juga dilatih kultum dan setiap siswa  diharuskan memiliki buku kultum

“Aktivitas pembelajaran tidak hanya berlangsung di ruang-ruang kelas tetapi juga di taman sekolah, bahkan sekali setahun anak-anak dibawa ke berbagai tempat untuk pembelajaran alam,” urai Irwan. Sekolah juga mengundang tokoh atau masyarakat dari berbagai kalangan dan profesi sebagai guru tamu untuk memberi pencerahan kepada siswa terhadap berbagai profesi dan me jadi inspirasi bagi siswa.

Sekolah yang menerapkan sistem semi-pesantren ini juga menyediakan fasilitas asrama. Program unggulan yang menjadi daya tarik Lab. School SMP Unismuh Makassar terus ter-update setiap tahun dan diperbaharui serta disempurnakan tiap tahunnya. Sekolah ini memiliki sistem pembelajaran agama setara dengan tsanawiyah.

Dalam kesehariannya, sejak awal pihak sekolah memprioritaskan program penguatan pendidikan karakter. “Penanaman karakter sejak awal ditanamkan pada peserta didik. Khususnya berkaitan dengan sikap jujur. Karena kejujuran ini jadi penting dan sangat langkah saat ini,” kata Irwan Akib. (Ribas)

Exit mobile version