Tim Psikososial UMP Berangkat Bantu Korban Gempa Lombok

Tim Psikososial UMP Berangkat Bantu Korban Gempa Lombok

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah turut membantu meringankan beban korban atas bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. UMP mengirimkan Relawan Tim Psikososial untuk membantu penanganan pasca gempa di Lombok.

Untuk keberangkatan pertama UMP mengirimkan sebanyak delapan relawan yang dilakukan pada Rabu (8/8). Mereka adalah Febrian Arif Nugroho, Muhammad Fajar Bastian, Hanandita Belva Fauzi, Nuzulul Hidayah, Ayu Rizqy Ramadhani, Prima Dhea Fredlina, Anisa Fadllah Qalami dan Dian Safitristiani.

Hanandita Belva Fauzi salah satu Tim Psikososial UMP yang akan dikirimkan ke Lombok mengatakan bahwa tim sebelumya telah dibekali penanganan pasca bencana.

“Jadi persiapkan kita sudah di bekali beberapa materi, dan sudah kita pelajari bersama, dan sedikit belajar dari bancana yang pernah kita tangani sebelumnya di Kalibening, Banjarnegara,” katanya.

Ia mengatakan fokus penanganan korban bencana adalah psikososial seperti trauma healing yang berfungsi untuk pemulihan mental.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMP, Ir Aman Suyadi, MP mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dari koordinasi itu, diputuskan UMP mengirimkan relawan medis sesuai yang dibutuhkan saat ini.

“Kami mengirimkan 8 mahasiswa tim relawan yang bergabung MDMC PP Muhammadiyah dalam rangka ikut peduli serta ikut membantu meringankan apa yang telah dialami oleh saudara kita di Lombok.”

Mengapa kita mengirimkan kesana, lanjut Ir Aman, itu karena alasan kemanusiaan. “Yang kita kirim adalah mahasiswa yang telah memiliki pengalaman di dalam menangani kejadian pasca bencana. Mereka akan membantu memulihkan korban bencana seperti perbaikan mental,” ungkapnya.

Sementara itu Rektor UMP Dr Syamsuhadi Irsyad, MH, memberikan apresiasi atas keberangkatan Tim Psikososial UMP ke Lombok.

“Sudah barang tentu saya mengucapkan selamat jalan kepada delapan mahasiswa atas kegiatan yang akan dilakukan oleh para peserta. Saya memohon kepada Allah mudah-mudahan rencana tersebut bisa berjalan secara baik dengan sehat dan selamat,” katanya.

Syamsuhadi berpesan agar para relawan bisa melakukan tugas secara maksimal. “Saya mengucapkan selamat saja mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan,” pungkasnya.(Tgr/Rizq)

Exit mobile version