Pawai Ta’aruf Semarak, Olimpiade Ahmad Dahlan Jateng Dimulai

Pawai Ta’aruf Semarak, Olimpiade Ahmad Dahlan Jateng Dimulai

Sukses, Pawai Ta’aruf Pembukaan Olimpiade Ahmad Dahlan di UMP (Dok Tegar Roli)

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Pawai Ta’aruf dalam rangka pembukaan Olimpiade Ahmad Dahlan ke-VI (OlimpicAD) Perguruan Muhammadiyah se Jawa Tengah berjalan sukses.

Kegiatan ini diikuti ribuan pelajar mulai tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK).

Ketua Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Dr. H. Iwan Junaedi mengatakan pawai Ta’aruf digelar dalam rangka mengawali kegiatan OlimpicAD yang akan dilaksanakan pada hari Senin – Selasa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

“Pawai Taaruf ini diikuti oleh pelajar Muhammadiyah di Banyumas dengan membawa panji panji setiap kota dan kabupaten di Jawa Tengah,” ungkap Iwan Junaedi, di Purwokerto Sabtu (11/8).

Lebih lanjut Iwan Junaedi mengatakan, tujuan dari adanya pawai taaruf ini merupakan syiar dakwah Muhammadiyah.

Sementara itu Koordinator pawai taaruf Nur Khasbi mengungkapkan kegiatan pawai taaruf diikuti sedikitnya 7000 peserta.

“Pawai taaruf dalam rangka olimpicad majlis Dikdasmen Jawa Tengah bekerjasama dengan UMP. Peserta pawai diikuti sekolah Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas dengan jumlah kurang lebih 7000 peserta,” kata Khasbi.

Khasbi menjelaskan rute pawai taaruf dimulai dari kodim lurus ke pasar manis, belok kanan lurus sampai Jl Greja lalu belok kiri samapai Jl dr Angka lalu ke kiri Finish di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto.

Sukses, Pawai Ta’aruf Pembukaan Olimpiade Ahmad Dahlan di UMP (Dok Tgr)

“Pawai diberangkatkan oleh DANDIM 0701 Banyumas di dampingi Ketua Majlis Dikdasmen Banyumas dan juga pengurus Majlis Dikdasmen Jawa Tengah,” katanya.

Lebih lanjut Khasbi mengatakan peserta pawai terdiri dari pasukan IPM, Tapak Suci HW, Drumband dan ciri khusus masing masing setiap sekolah.

Terkait Olympiade Ahmad Dahlan VI Perguruan Muhammadiyah se Jawa Tengah akan diikuti ribuan pelajar Sekolah Dasar (SD) hingga Menengah Atas (SMA). Mereka akan unjuk kemampuan ilmu pengetahuan keagamaan, sains, olahraga, dan seni.

Olimpiade yang bertajuk Membangun Sinergi dalam Mewujudkan Pendidikan Muhammadiyah Jawa Tengah yang Unggul, Kompetitif, dan Berkemajuan tersebut mempertandingkan 23 cabang perlombaan keilmuan dari bidang keagamaan, ke-Muhammadiyah-an, teknologi dan sains, seperti matematika, IPA, fisika, biologi, robotik, otomotif.

Selain itu, lomba bahasa Inggris dan arab, tilawah, musabaqoh, hafidz Quran, pembuatan film indie, karya tulis, dan penelitian tindakan kelas para guru, majalah sekolah, desain website, serta olahraga beladiri Tapak Suci, Futsal, dan Panahan.(Tgr/Rizq)

Exit mobile version