Wakil Ketua MDMC Dipercaya sebagai Anggota Penasehat CERF PBB

Wakil Ketua MDMC Dipercaya sebagai Anggota Penasehat CERF PBB

Kedua dari kiri, Rahmawati Husein, dalam ICONPO di India (Dok Pribadi)

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kiprah Wakil Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC),Rahmawati Husein, telah diakui di level internasional. Ia terpilih sebagai anggota baru Penasehat Pusat Dana Emergency Response Perserikatan Bangsa Bangsa, United Nation Central Emergency Response Fund (UN CERF) yang bermarkas di New York, Amerika Serikat.

CERF merupakan salah satu mekanisme pool fund yang difasilitasi Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA). “Jadi akan rapat di New York setahun empat kali,” ungkap Rahmawati dalam pesan yang diterima redaksi, Ahad (2/9).

Dengan posisi yang prestisius dan strategis di dunia humanitarian internasional tersebut, bertugas untuk mengawasi penggunaan dana kemanusiaan yang terkumpul melalui Perserikatan Bangsa Bangsa.

Selain sebagai Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Rahmawati juga berkhidmat Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (MLHPB) PP ‘Aisyiyah, unsur Pengarah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan anggota penasehat Kepala Kantor Kepresidenan Republik Indonesia. Selain itu, Ia juga masih aktif mengajar sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Press Relese UN CERF (Dok MDMC)

Berbagai penghargaan pernah diterima Rahmawati, diantaranya penghargaan sebagai tokoh inspiratif dari Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) serta kerap mengikuti berbagai forum internasional.

Rahmawati juga pernah mewakili Indonesia sebagai panelis dalam ‘High Level Panel Debate’ yang diselenggarakan oleh International Committee of The Red Cross (ICRC) PBB. Dalam tingkatan dunia, Rahmawati juga menjadi pernah menjadi Liaison Officer (LO) dari Indonesia dengan memberikan bantuan kemanusiaan pascagempa di Nepal selama tiga minggu.

Keaggotaan Rahmawati di UN CERF ini merupakan usulan resmi dari Kementrian Luar Negeri RI yang disetujui Sekjen PBB, António Guterres. Semoga bisa mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.(PPMuh/Riz)

Exit mobile version