Klinik PKU Muhammadiyah Pakem Peringati Milad ke-19

Klinik PKU Muhammadiyah Pakem Peringati Milad ke-19

Bersama Muspika (Dok Klinik PKU Muh Pakem)

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Beberapa waktu terakhir, bangsa Indonesia mengalami serangkaian musibah yang cukup besar. Hal ini mendorong Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk meneguhkan komitmen semangat kebersamaan dalam hal saling tolong menolong sesama anak bangsa. Dalam milad 106 tahun Muhammadiyah, semangat ini tertuang dalam tema “Ta’awun untuk Negeri”.

Bersamaan dengan milad Muhammadiyah, Klinik PKU Muhammadiyah Pakem juga turut merayakan miladnya yang ke-19. Pimpinan Klinik, dr Safiqulatif Abdillah, MMR menuturkan, “Semangat yang kami usung adalah semangat ‘sawiji, greget, sengguh, ora mingkuh’. Semangat Jawa untuk mengokohkan persatuan, meneguhkan komitmen, tidak gentar menghadapi segala rintangan. Semangat milad Muhammadiyah dan Klinik ini kami wujudkan melalui beberapa kegiatan, antara lain Safari KB, Skrining kanker serviks, senam massal, jalan sehat, bazaar, donor darah, dan penggalangan dana bencana”. Milad kali ini sekaligus event launching kerjasama Klinik PKU Muhammadiyah Pakem dengan BPJS Kesehatan.

Rangkaian kegiatan milad ini dimulai pada tanggal 31 Oktober 2018 dengan safari KB yang meliputi pemasangan IUD dan implant. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Klinik PKU Muhammadiyah Pakem, BKKBN Kabupaten Sleman, Puskesmas Kecamatan Pakem, dan Ikatan Bidan Indonesia Cabang Sleman. Bersamaan dengan kegiatan ini juga diadakan skrining kanker serviks dengan metode IVA dengan bekerjasama dengan FKIK UMY.

Dalam sambutan pembukaan rangkaian milad ini, Camat Kecamatan Pakem menyampaikan beberapa tantangan yang harus dihadapi masyarakat saat ini dan membutuhkan kerjasama beberapa pihak. “Data menunjukkan angka capaian dan keberhasilan KB di masyarakat masih perlu kita genjot. Di sisi lain ada masalah stunting yang harus kita kelola bersama seluruh elemen masyarakat. Belum lagi belakangan ini tingkat kerawanan sosial dan politik yang harus terus kita rawat bersama,” tuturnya.

Pada tanggal 4 November 2018, merupakan peringatan Puncak Milad, yaitu dengan senam sehat, jalan sehat, donor darah dan  Papsmear. Kegiatan ini diadakan di halaman parkir Klinik dan diikuti oleh sekitar 1.200 orang warga masyarakat Pakem dan sekitarnya. Senam massal dan jalan sehat ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Muspika Kecamatan Pakem. Dalam sambutan singkatnya, Sekcam Kecamatan Pakem mengungkapkan dalam milad ini beliau turut bersyukur bahwa Klinik PKU Muhammadiyah Pakem telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Dengan fasilitas yang memadai di Klinik PKU Muhammadiyah Pakem, masyarakat semakin mudah dan nyaman mengakses layanan kesehatan sehingga tingkat kesehatan masyarakat Pakem semakin optimal.

Pada acara puncak ini, peserta diberikan doorprize antara lain kulkas, mesin cuci, televisi LED, sepeda gunung, dispenser, kompor gas dan puluhan doorpice menarik lainnya. Usai jalan sehat acara dilanjutkan dengan donor darah, skrining kanker serviks dengan metode Papsmear, bazaar produk UMKM, dan penggalangan dana bencana. Dari event ini mampu terkumpul dana sosial sebesar Rp 2.900.000 yang akan disalurkan kepada masyarakat Palu-Donggala dan sekitarnya melalui LazisMu dan MDMC. Kegiatan puncak milad ini adalah hasil kerjasama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pakem, ‘Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasiatul ‘Aisyiyah, Hisbul Wathon, LazisMu, PMI, Laboratorium Parahita, dan BPJS Kesehatan.(Riz)

Exit mobile version