Peran Tuan Rumah Dibalik Suksesnya Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah

Peran Tuan Rumah Dibalik Suksesnya Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah

Panitia Muktamar XVII Pemuda (Dok PW PM DIY)

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Agenda empat tahun sekali sekaligus permusyaratan tertinggi Pemuda Muhammadiyah yaitu Muktamar XVII telah usai. Berlangsung di Sportorium UMY menghasilkan Ketua Umum baru, Cak nanto (Sunanto) dan Dzulfikar A Tawalla sebagai Sekjen.

Banyak dinamika yang bergulir selama perhelatan sejak pra-tanwir pada hari ahad (25/11) dilanjut pembukaan pada hari Senin (26/11) hingga terpilihnya Cak Nanto sebagai nahkoda baru Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah pada Kamis (29/11) dini hari.

Diluar dinamika forum, beberapa rangkaian acara diselenggarakan untuk memeriahkan Muktamar XVII. Panitia Lokal atau PWPM DIY mempersiapkan rangkaian acara ini dengan sangat matang. Disebelah timur Sportorium UMY digelar bazaar. Dihadiri oleh ratusan orang Bazaar dibuka oleh Dahnil Anzar Simajuntak, Gita Danupranata (Ketua PWM DIY) dan Iwan Setiawan (Ketua PWPM DIY) selepas pembukaan Muktamar.

Mulai dari Wildan seorang da’i cilik, sanggar Merah Putih DPD IMM DIY hingga pegelaran Wayang Gendhing Bahana turut memeriahkan rangkaian acara Bazaar Muktamar ini. Diskusi bencana oleh MDMC, dakwah kaum milenial oleh Ust Muhammad Jazir hingga diskusi KOKAM dari masa ke masa oleh Afnan Hadikusumo merupakan rangkaian dialog yang diselenggarakan panitia dilokasi Bazaar.

Dua bulan menjadi kurung waktu yang sempit, walau dengan biaya yang cukup sulit Pemuda Muhammadiyah DIY telah berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai PWPM yang solid dan berkapasitas. Abby Mukti menyampaikan, semangat teman-teman DIY adalah semangat ikhlas, semangat tersebut yang menggerakan hati dan diri teman-teman kami. Tidak ada satupun dari teman-teman panitia memiliki misi lain selain misi mencari ridho’ Illahi.

Sekjend PP Pemuda Muhammadiyah Periode 2014-2018 mewakili Ketua Umum Dahnil Anzar Simanjutkan pada penutupan Muktamar menyampaikan apresiasi kepada PW PM DIY. “Mewakili segenap PP Pemuda Muhammadiyah, bang Dahnil menyampaikan terimakasih yang tak terhingga, kepada PW Pemuda Muhammadiyah DIY, yang telah memberikan pelayanan terbaiknya terhadap seluruh peserta Muktamar dari seluruh Indonesia yang hadir di tempat yang luar biasa ini,” ungkap Irfan..

Selain itu, Irfan juga mengapresiasi kepada KOKAM yang juga ikut andil menyukseskan perhelatan akbar ini, “Terimakasih juga kepada para pejuang KOKAM yang tidak mengenal lelah menjaga Muktamar ini dengan penuh perjuangan dan selalu gembira di setiap perjuangannya.”

Suryansyah Ketua PDPM Mamuju Sulbar berpendapat, pelaksanaan Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke XVII di Yogyakarta telah menghadirkan silaturahim antara anak-anak muda se-Indonesia sehingga dapat terus menebarkan nilai-nilai Islam yang Rahmatan Lil’alamiin.

Menurutnya para kader patut bersyukur dan berbangga diberi kesempatan untuk hadir sebagai peserta pada kegiatan muktamar kali ini. “Semoga Pemuda Muhammadiyah terus menyemai benih-benih kebaikan, berpacu untuk menjadi insan terbaik dan mencerahkan peradaban serta memajukan Indonesia, dan yang terakhir terima kasih Yogyakarta selaku penyelenggara Muktamar kali ini,” kata Suryansyah.

“Menjadi panitia memang tidak mudah, selain harus berkorban waktu dan tenaga serta meninggalkan kerjaan. Kita juga harus siap tombok dan harus sabar menerima setiap masukan dan keluahan,” ungkap salah seorang panitia, Agung Wijayanto

Apresiasi positif banyak diberikan kepada Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY. Penyelenggaraan Mukatamar XVII dinilai sebagai salah satu penyelenggaraan Muktamar terbaik. Hal tersebut tidak lepas dari peran rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP beserta segenap jajarannya. UMY memiliki andil yang sangat besar dalam melangsungkan penyelenggaraan Muktamar XVII.

“Semoga penyelenggaran Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII di Yogyakarta dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi umat, menghasilkan kepemimpinan yang amanah dan bermartabat,” tambah Abby Mukti, selaku panitia Muktamar XVII.(Riz)

Baca juga

Pidato Perdana Cak Nanto: Berfastabiqul Khairat dengan Semangat Ta’awun

Inilah 12 Nama Formatur Terpilih Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah

6 Poin Khittah Yogyakarta hasil Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah

 

Exit mobile version