Rektor UMY Resmikan Pembangunan Surya NglojiMart

Rektor UMY Resmikan Pembangunan Surya NglojiMart

Peltakan batu pertama Minimartket Surya NglojiMart (Dok esp/SM)

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr Gunawan Budiyanto melakukan peletakkan batu pertama pembangunan minimarket Surya NglojiMart yang dikelola PCM Minggir Sleman. Kegiatan berlangsung di Komplek Kantor PCM Minggir, Ngloji Kebonagung Minggir, Ahad (30/12).

Hadir pula Wakil Rektor UMY Dr Suryo Pratolo dan Ketua Bidang Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PDM Sleman Ir Mashud. Di hadapan sekitar 700 warga Muhammadiyah Minggir yang hadir, Gunawan menegaskan kembali tiga manivestasi iman. Selain diyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan iman juga butuh diimplementasikan dalam amal nyata.

Menurutnya, umat Islam masih belum maksimal dalam melakukan amal saleh. Ia mencontohkan soal kebersihan, tidak sedikit masjid yang kurang terawat kebersihannya. “Bapak Ibu bisa mengamati, bagaimana kebersihan toilet Masjid, kalah dibandingkan dengan tempat lain,” jelasnya.

Dari segi ekonomi umat Islam juga masih tertinggal termasuk Muhammadiyah. Bukan karena ketiadaan potensi, melainkan belum adanya kekompakan. “Pada Muktamar ke 47 di Makassar lalu, Muhammadiyah telah mencanangkan bidang ekonomi sebagai pilar ketiga dalam gerakan dakwah Muhammadiyah,” tegas Gunawan. Sayangnya, gaungnya masih belum terasa padahal Muhammadiyah memiliki potensi luar biasa.

Surya NglojiMart, hadir menyambut momentum keinginan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam mengembangkan perniagaan warga Muhammadiyah melalui Bedukmutu. Gagasan yang berlatar agar uang dari warga Muhammadiyah turut mendorong pertumbuhan usaha sesama warga persyarikatan. Awalnya, terbatas di kalangan para pegawai dan mahasiswa di UMY. Namun sejak tahun 2018 dikembangkan ke seluruh PDM se-DIY.

Rencana pembangunan Minimartket Surya NglojiMart (Dok esp/SM)

Majelis Ekonomi Kewirausahaan (MEK) PCM Minggir mengadakan rapat yang menelurkan dua gagasan utama, Jumat (14/12). Pertama, meningkatkan pengelolaan bedukmutu dengan menambah jumlah produk dan memperluas marketing. Kedua, membentuk tim untuk mewujudkan pembangunan NglojiMart.

Untuk poin pertama diampu langsung oleh Bendahara sekaligus penggerak bedukmutu, Dwi Sumartono, SP sementara itu realisasi NglojiMart ditangani tim yang dikomandani Ketua PCM Minggir Nasirun.

Dalam Rapat lanjutan dan gabungan antara Tim Bedukmutu, Tim Ngloji, Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) dan MPM PP Muhammadiyah di Rumah Ketua Jatam Sugiman Jogorejo, diputuskan proyek NglojiMart menjadi bagian dari gerakan ekonomi yang didukung MPM dan PWM DIY, sehingga disandangkan kata ‘Surya’. (esp)

Exit mobile version