Gebyar Milad 49 SD Muh Kutoarjo

Gebyar Milad 49 SD Muh Kutoarjo

Dok A Musdani

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Dalam dunia pendidikan di sekolah setiap anak mempunyai potensinya masing-masing. Potensi tersebut menjadi kebanggaan tersendiri. Sehingga tidak ada kata siswa tidak mampu dimana semua anak pasti punya potensi tersendiri. Sebagai upaya menumbuhkembangkan setiap potensi siswa, SD Muhammadiyah Kutoarjo menggelar rangkaian Gebyar Milad ke 49 di Komplek Kampus 2 SD Muhammadiyah Kutoarjo pada Sabtu-Ahad (16-17/2). Disampaikan Suprayitno selaku kepala sekolah bawhasanya agenda ini mengangkat tema Berkreasi Berkarya Maju Bersama yang dimaksudkan memajukan sekolah ke depan, menjadi ikon sekolah dasar Muhammadiyah baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten Purworejo.

“Agenda kali ini merangkum segala aktivitas kreativitas yang ada di sekolah. Semua siswa berjumlah 640an difasilitasi berkreasi berkarya naik panggung. Kami prinsipnya semua anak pasti mampu dengan potensinya masing-masing. Tidak ada kata anak tidak mampu hanya tugas kita bagaimana mengaplikasikan mereka menjadi siswa teladan yang beramal sholeh hingga terdepan di Indonesia. Maka melalui pentas kreativitas seni ini salah satu upaya silaturahmi, memupuk kreativitas siswa, belajar berkompetisi dan mengaplikasikan serta membuktikan kemampuan diri siswa,”ungkap Suprayitno.

Gebyar milad ke 49 dilaksanakan terbagi dalam 2 hari, dimana pada hari pertama dilaksanakan lomba mewarnai bagi siswa TK/PAUD/KB dan SD/MI serta lomba menyanyi bagi siswa TK/PAUD/KB tingkat Kabupaten Purworejo dan sekitarnya yang diikuti kurang lebih 300an siswa. Sedangkan pada hari kedua dilaksanakan jalan sehat diikuti oleh Keluarga Besar SD Muhammadiyah Kutoarjo guru, siswa beserta wali siswa, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Kutoarjo, Amal Usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah Kutoarjo, Alumni, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo, tamu undangan dan masyarakat umum lainnya kurang lebih berjumlah 2.000an orang mengelilingi kota kecamatan Kutoarjo. Pemberangkatan rombongan jalan sehat oleh Sukmo Widi Harwanto Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya Sukmo menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan serta memberikan apresiasi terkait Milad ke 49 ini. “Apresiasi tinggi dalam artian pelibatan orang tua terhadap pendidikan anak itu sangat terlihat. Kegiatan berjalan dengan baik dan sangat luar biasa. Harapan kami bahwa SD Muhammadiyah Kutoarjo nanti dapat lebih turut berperan serta dalam mencerdaskan bangsa sesuai amanat pembukaan undang-undang. Kemudian dapat menjadi paling depan dalam rangka memberikan contoh pendidikan di Kabupaten Purworejo,”ujar Sukmo.

Adapun pentas kreativitas seni yang ditampilkan oleh seluruh siswa terbagi dalam kelas-kelas berjumlah 30an tampilan berupa gerak dan lagu, tari tradisional, tari dance modern, drama musikal, tari daerah saman, solo vokal dan vokal grup. Dimana penampilan masing-masingnya terbagi selama waktu 2 hari tersebut.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Purworejo mendukung sepenuhnya geliat agenda ini yang disampaikan Amad Darusman selaku sekretaris PDM Purworejo. Sebuah langkah inovatif dan kreatif sebagai wadah media berkreasi berinovasi.

“Melalui agenda ini sangat penting dan efektif untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa. Mudah-mudah terus dilangsungkan ke depannya. Tumbuhkan daya kreativitas guru maupun siswa. Dalam upaya menjadikan sebuah sekolah yang terus berinovasi berkreasi sehingga kelak menjadi sekolah rujukan bagi sekolah dasar lainnya. Semoga bermanfaat bagi masyarakat dan pengembangan lembaga ini,”jelas Amad Darusman.

Turut meramaikan adanya stand bazar yang diisi oleh berbagai unit usaha kecil menengah dari kuliner khas daerah, minuman, obat-obatan, produk kerajinan, pakaian, stand bacaan oleh perpustakaan daerah purworejo dan masih banyak lainnya berasal baik dalam kota maupun luar kota.

Apresiasi datang dari wali siswa yang mendukung rangkaian gebyar ini.  “Acara Milad SD Muhammadiyah Kutoarjo ini sangat bagus karena ada pentas kreativitas seni dimana anak-anak jadi bisa menumbuhkembangkan bakat mereka di bidang seni. Dari pihak sekolah mengapresiasi anak-anak untuk bisa tahu bakatnya di bidang seni. Ke depan semoga acaranya lebih bagus lagi, maju lagi dari peserta lebih banyak lagi,”ungkap Nia wali siswa Winona Arsya Wibowo salah satu siswa kelas 1 B yang baru bergabung tahun pertamanya.

Sama halnya yang disampaikan Shohibul Fikri wali siswa Kalila siswa kelas 5 A dimana telah lama berada di sekolah ini. “Acara ini memacu kreativitas anak setidaknya melatih anak untuk menyalurkan bakat dan minat di bidang masing-masing. Harapannya ke depan acara lebih variatif lebih banyak libatkan orang tua. Sehingga bakat anak bisa terekspos aksimal disalurkan dalam acara-acara semacam ini,”ucapnya.

Di sela-sela tampilan pentas kreativitas seni dibagikan doorprize baik melalui undian kupon yang telah dibagikan maupun melalui berbagai macam kuis kreatif pembawa acara serta dibagikan juga topi kejuaraan lomba mewarnai dan lomba menyanyi.

Sebagai salah satu juara diraih oleh peserta terjauh yakni berasal dari SDN 4 Wates Daerah Istimewa Yogyakarta Dimas Atkha Ramadhan dalam kategori lomba mewarnai tingkat SD/MI kelas 4-6. Sri sebagai wali siswa mengungkapkan harapan bagi peserta dan panitia. “Acara sangat bagus. Berbagai macam lomba bisa meningkatkan kreativitas anak dan melatih kemandirian anak. Semoga dengan diadakannya acara ini ke depan dapat lebih baik lagi,”ungkap Sri.

Adapun hasil lengkap kejuaraan yakni

Lomba Mewarnai kategori PAUD/TK

Juara 1 : Naura Hasna Mufidha dari TK Kencana Loka 1 Wirun – 270

Juara 2 : Shella Putri Maylinda dari TK Ulul Albab 1 – 268

Juara 3 : Syallom Natalia C. dari TK Seruni Jenar – 255

Harapan 1 : Saarah Rajwa Aliyyah dari TK Batik Perbaik – 250

Harapan 2 : Qonita Nur Fauziyyah dari TK Pertiwi – 246

Harapan 3 : Davina Kanaya dari TK Pertiwi – 244

 

Lomba Mewarnai kateogri SD kelas 1-3

Juara 1 : Husna Safiqoh dari SDN Kemiri – 270

Juara 2 : Almira Shafaa dari SD Muhammadiyah Kutoarjo – 267

Juara 3 : Daffi Zafran AB dari SD IT Salsabila 5 Purworejo – 258

Harapan 1 : Hansa Aura A dari SDN Kenteng – 256

Harapan 2 : Kasih Galia Tangguh W. dari SDN 1 Kutoarjo – 254

Harapan 3 : Raffa Ilham Sundana dari SDN Kepatihan – 250

 

(Akhmad Musdani)

Exit mobile version