Lazismu Solo dan AMM Gelar Kampung Ramadhan

SURAKARTA, Suara Muhammadiayah – Dalam rangka menyemarakkan dan mengisi bulan Ramadhan 1440 dengan kegiatan yang bermanfaat, Lazismu Solo bersama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Surakarta menggandeng Pimpinan Ranting Muhammadiyah Joyosuran dan Takmir Masjid Muttaqin untuk mengadakan kegiatan Kampung Ramadhan.

Kegiatan tersebut resmi di buka dengan kegiatan Pengajian Akbar Tahrib Ramadhan 1440 H dengan pembicara Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Taufik Kasturi, Ph.D, Jumat, 3 Mei 2019. Kampung Ramadhan 1440 H yang menjadi progam nasional Lazismu sengaja dipusatkan di masjid yang berada dikampung-kampung di Kota Surakarta.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Solo Waluyo Raharjo menjelaskan bahwa dalam event ramadhan tahun ini Lazismu melakukan beberapa bentuk kegiatan. Mulai dari bedah rumah, pawai TPA, Kampung Ramadhan, Kado Ramadhan, santunan anak yatim dhuafa, dan mudikMu Aman.

“Semua dilakukan dalam rangka meneruskan amanah muzakki Lazismu Solo yang telah menyalurkan dana ZISKA lewat Lazismu,” ungkapnya.

Sebagai lembaga yang bergerak dalam ranah sosial kemanusiaan, Lazismu merasa perlu untuk terus menerus melakukan kegiatan berbagi sekaligus mengedukasi kepada masyarakat tentang kewajiban zakat 2,5 % dan ajakan untuk saling menolong kepada sesama.

“Sebab dari keseluruhan kekayaan yang kita miliki, ada 2,5 % yang wajib kita berikan kepada mereka yang berhak menerima,” imbuh Waluyo.

Ghofar Ismail, Ketua Ranting Muhammadiyah Joyosuran sekaligus salah satu takmir Masjid Muttaqin mengaku banyak inovasi baru yang dilakukan oleh masjid beserta para jamaahnya pada ramadhan tahun ini.

“Dengan bantuan Lazismu beserta AMM, kampung ramadhan di masjid muttaqin semakin lebih semarak,”ungkpanya.

Selain itu, dia berharap agar AMM yang kebanyakan berasal dari UMS mampu memotivasi dan mengajak terutama pemuda yang ada di kampung untuk rajin datang ke masjid dengan kegiatan yang menarik, dan sesuai jamannya.

Kedepan, selama bulan Ramadhan Masjid Muttaqin akan mengadakan kegiatan didukung oleh relawan dari IMM dan IPM, Pemuda Muhammadiyah Kota Bengawan serta Ibu-ibu Aisyiyah Ranting Joyosuran.

Dengan adanya event Kampung Ramadhan yang sudah memasuki tahun kedua, diharapkan masjid-masjid mampu menarik dan mengajak jamaah untuk rajin ke masjid. Selain itu juga sebagai pemberdayaan bagi remaja masjid adar semakin kreatif dan inovatif dalam menjadikan masjid sebagai medan dakwah dan ladang pahala dengan kegiatan yang bermanfaat. (isn)

Exit mobile version