IMM Magelang Belajar Socio Technopreneurship dari Ilham Habibie

IMM Magelang Belajar Socio Technopreneurship dari Ilham Habibie

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Magelang Komisariat Agama Islam beserta Komisariat Teknik mengadakan seminar nasional bertemakan “Socio-Technopreneurship”. Dengan pemateri Dr.Ing Ilham Habibie M.B.A (Ketua Dewan TIK Nasional) dan Rulli Renata (Deputy Executive Director of MRI) berlangsung di Auditorium Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Magelang yang dihadiri oleh 500 peserta baik dari kalangan mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Acara ini dilaksanakan Hari Ahad, 5 Oktober 2019 dimana dalam acara ini dimoderatori oleh Saudari Pristi Sukmasetya, S. Komp., M. Kom.

Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Rulli Renata. Rulli Renata menyampaikan bahwa Indonesia berasal dari jiwa-jiwa ikhlas dan memiliki modal besar yaitu Sosial. Ada tiga pilar peradaban kemanusiaan yakni pertama, humanity. Dimana humanity adalah hal pertama yang perlu dibangkitkan. Berprofesi apapun perlu memiliki rasa humaniti yang tinggi. Kedua, Filantropi. Dimana rasa kemanusiaan perlu kita tularkan. Ketiga, Volunterizm (Kemauan Menjadi Relawan). Sochio Technopreneurship bukan membicarakan ijazah melainkan apa yang anda bisa.

Sejarah meminta kita bukti untuk menjadi cendekia. Kita adalah solusi ditempat kita. Pesan beliau kepada semua “Kita Pantas Menjadi Manusia Jika Kita Masih Punya Rasa Kemanusiaan”.

Pembicara kedua dalam acara ini adalah Dr.Ing Ilham Akbar Habibie M.B.A. Seminar kali ini adalah pertama kali Ketua Dewan TIK Nasional berkunjung ke Magelang dan mengisi seminar dengan tema Socio Technopreneurship di Universitas Muhammadiyah Magelang.

Dr.Ing Ilham Akbar Habibie M.B.A menyampaikan semua aspek saat ini menggunakan teknologi. Inovasi kewirausahaan tidak bisa terpisah dari pengetahuan. Beliau berharap kita bisa menjadi produsen sekaligus konsumen untuk bangsa sendiri. Dengan adanya teknologi terjadilah demokratisasi ilmu pengetahuan, ekonomi. Beliau berpesan “Kita harus membuka mata banyak peluang dan ancaman dan perlu bagi kita untuk memanagemen hal-hal negatif dan mulailah dari diri kita”.

Di akhir acara Immawati Najmi (Ketua Umum IMM Komisariat Agama Islam) selaku salah satu Steering Comitte seminar menyampaikan “Seminar Nasional ini sebagai program kerja besar terakhir di IMM Komisariat Agama Islam maupun IMM Komisariat Teknik. Diharapkan dengan adanya acara ini dapat mengekplorasi sebuah gagasan baru inovasi dalam teknologi dan tetap mengedepankan kepedulian sosial.” pungkasnya.

(Bidang Medkom IMM KOMAI Universitas Muhammadiyah Magelang)

Exit mobile version