Pesan Wapres JK dalam Groundbreaking Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Wakil Presiden Republik Indonesia Dr. (H.C.) Drs Muhammad Jusuf Kalla, hadiri acara Groundbreaking Masjid At-Tanwir Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

Masjid At-Tanwir akan dibangun pada hari ini dan diperkirakan akan rampung pada bulan Maret tahun 2020 mendatang. Masjid ini dipersembahkan sebagai hadiah Muktamar Muhammadiyah yang ke-48 tahun  2020 di Surakarta.

Konsep Masjid At-Tanwir ialah “Ramah Lingkungan dan Berkemajuan”, masjid ini mempunyai enam lantai antara lain lantai pertama akan dibuat area wudhu dan juga taman, lantai dua dan tiga tempat shalat para ikhwan, lantai empat tempat shalat akhwat serta lantai lima dan enam sebagai ruang serbaguna.

Selain Wapres Jusuf Kalla, groundbreaking Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah ini juga dihadiri Anggota Wantimpres Malik Fadjar, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Muhajir Effendy, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Ketua DPR Aziz Syamsyuddin dan Ketua KPU Arief Budiman.

Jusuf Kalla mengatakan dalam ceramahnya sebagai Ketua Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) selalu menganjurkan bahwa masjid bukan hanya tempat ibadah (shalat), bukan hanya tempat sujud tapi bagaimana memakmurkan masjid dan masjid memakmurkan masyarakatnya.

“Di Indonesia ini, jarang ada masjid yang berlantai enam, paling lantai dua. Artinya masjid ini multifungsi yang tentu kita harapkan mempunyai hal yang baik. Masjid At-Tanwir ini, sesuai dengan fungsi masjid di zaman Rasulullah yaitu sebagai tempat perundingan, tempat pendidikan,” tutur JK.

“Jadi kita mengharapkan masjid itu multi fungsi dan tetap memberikan optimisme dan persatuan masyarakat yang baik dan disamping tentu meningkatkan ibadah” imbuhnya.

Dengan dibangunnya Masjid At-Tanwir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir, MSi mengharapkan panitia membuat program-program untuk Masjid tersebut. Agar Masjid At-Tanwir betul-betul terpancar nilai-nilai Islam yang cerah dan mencerahkan. (Rahma/Ulfa)

Exit mobile version