Gelar Sekolah Pemberdayaan Pengolahan Sampah, IMM Djazman Peduli Lingkungan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PC IMM Djazman al-Kindi kota Yogyakarta kembali hadir dengan melaksanakan kegiatan Sekolah Pemberdayaan Pengolahan Sampah yang kemudian disingkat SPORADIS. Kegiatan SPORADIS ini digagas dan diselenggarakan oleh Sosial Pemberdayaan PC IMM Djazman Al-Kindi Kota Yogyakarta dengan mengangkat tema “Meningkatkan Kepekaan Kader IMM terhadap Permasalahan Lingkungan di Masyarakat Terkini yang kegiatannya dilaksanakan dimulai hari Jum’at sampai Ahad (6-8/12) bertempat di Masjid Perak dan SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan membuka kegiatan acara yang dihadiri oleh Pimpinan Harian PDM sekaligus pemerhati IMM Djazman al-Kindi Kota Yogyakarta, Ketua Takmir Masjid Perak Kotagede dan Pimpinan Komisariat Se-Djazman al-Kindi kota Yogyakarta sekaligus menjadi peserta dari kegiatan SPORADIS.

Kegiatan acara dibuka langsung S Giyok Sutanta, SH yang kemudian berpesan agar kader IMM mampu mengaplikasikan tema yang sudah diusung agar IMM hadir untuk membawa perubahan dan garda terdepan baik untuk Muhammadiyah sendiri, bangsa dan tanah air.

Adapun pesan dari Takmir Masjid Perak Kotagede dalam sambutanya mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh IMM apalagi menjadikan masjid sebagai tempat peradaban Islam yang tidak sebatas hanya tempat numpang shalat saja, dilanjutkan dengan menanggapi isu yang diangkat adalah isu soal sampah yang akhir-akhir ini membuat resah.

Kegiatan yang dilaksanakan 2 hari dimulai dengan stadium general oleh Sekretaris MLH PP Muhammadiyah Bapak Ir Gatot Supangkat, MP yang membawa materi Fiqih Lingkungan (Fiqih Air) dan Teologi Lingkungan.

Kemudian materi I Manifestasi Pengolahan Sampah di Yogyakarta yang akan disampaikan oleh Kepala seksi Pengurangan Sampah DLH Kota Yogya, Faizah, SSi, MSi, materi II adalah Pengolah B3 (Bahan Bahaya Beracun) Ambar Pratiwi SSi, MSi adalah dosen Biologi, FAST UAD, Materi III pelatihan teknologi tepat guna yang disampaikan oleh dosen Biologi, FAST UAD Oktira Roka Aji, SSi, MSi, Materi IV Bioteknologi yang disampaikan dosen Bioteknologi UNISA Wiwit dan materi terkahir adalah materi lapangan yang didampingi oleh komunitas Bank Sampah Syariah.

Adapun pesan dari Ketua Umum PC IMM Djazman Al-Kindi Kota Yogyakarta adalah selepas dari sekolah ini IMMawan dan IMMawati menjadi orang yang berdaya baik untuk sendiri maupun untuk orang lain. Ke depan IMMawan dan IMMawati mampu menidaklanjuti kegiatan yang kemudian mampu memiliki ide-ide kreatif untuk mengelola sampah agar bernilai seni dan finansial serta menebarkan semangat berfastabuqul khairat dalam mengkampayekan pelestarian lingkungan. (Medkom)

Exit mobile version