Pelatihan Jurnalistik Muhammadiyah di Kisaran

Pelatihan Jurnalistik Muhammadiyah di Kisaran

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – Suara Muhammadiyah,
Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan menggelar pelatihan Jurnalistik Muhammadiyah. Pada kesempatan yang sama juga berlangsung pelatihan Manajemen Masjid.

Dua pelatihan itu dibuka oleh Ketua PDM Asahan Drs. Mohd. Akhiar MA, Ahad(15/12) di Gedung Perguruan Muhammadiyah, Jl. Madong Lubis, Kisaran.

Pelatihan yang diikuti lebih seratus peserta itu berasal dari PDM, PDA, Pimpinan Majelis dan Lembaga serta Pimpinan Amal Usaha.

Drs. Akhiar dalam sambutannya menegaskan dua pelatihan yang diselenggarakan menjadi pelatihan yang sangat strategis. Muhammadiyah butuh media untuk mengekspresikan gerakannya. Muhammadiyah harus mahir dalam menggunakan media. “Jangan sampai karena kekuatan media seberang, jamaah Muhammadiyah jadi terpolarisasi dengan paham lain” kata Akhiar.

Ketua MPI PDM Asahan, Ade Kurniawan, nenjelaskan pelatihan Jurnalistik Muhammadiyah yang diselenggarakan Majelis Pustaka dan Informasi dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyajikan materi jurnalistik Muhammadiyah, Jurnalistik Televisicdan Media Sosial Muhammadiyah.

Untuk kerjasama MPI dan UMSU itu nenghadirkan narasumber seperi Dr. Puji Santoso, Muhammad Thoriq M.I.Kom, Faizal Hamzal Lubis M.I.Kom dan Kontributor tvMu Syaiful Hadi.

MANAJEMEN MASJID

Demikian juga masjid. Muhammadiyah harus menjadikan masjid sebagai pusat dakwah dan pusat gerakan. Manajemen Masjid harus dikembangkan.

Pelatihan manajemen masjid nenghadirkan Dr. Yusri Isfa, Ketua LPCR PW Muhammadiyah.

Di Asahan dari 64 Ranting, ada 52 masjid Taqwa milik Muhammadiyah. Alhamdulillah semua masjid yanf berada di ranting itu terus terpekigara dengan baik.

Untuk mengembangkan masjid Muhammadiya, PDM Asahan dalam rangka gebyar Muktamar melakukan evaluasi dan penilaian.

Terpilih 6 masjid terbaik. Terbaik 1 Masjid Taqwa Air Djoman, terbaik 2  Masjid Taqwa Siumbut-umbut ( PCM Kisaran Timur), terbaik 3 Masjid Al Huda (PCM Kisaran), terbaik 4  Masjid Taqwa Lubuk Palas, terbaik 5 PCM Sei Beluru ( PCM Meranti) dan terbaik 6 Masjid Istiqomah D. Sijabut (PCM Simpang Empat).

Kepada 6 masjid terbaik itu mendapat dana penbinaan dari PDM Asahan. ( Syaifulh/Riz)

Exit mobile version