Seni Budaya dan Olahraga Harus Dihidupkan Kembali

Seni Budaya dan Olahraga Harus Dihidupkan Kembali

Dr Agung Danarto, MAg Dok SM

Dr H Agung Danarto, MAg

Al-aqlu salim fii jismi salim, akal yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat. Ungkapan ini mengingatkan saya pada cerita-cerita Pimpinan Muhammadiyah terdahulu. Di mana waktu itu, sebelum rapat, bapak-bapak Pimpinan Pusat sering mengawalinya dengan sepak bola, kemudian baru memulai rapat. Bahkan sampai generasi Pak AR, hal ini masih terjadi. Biasanya sebelum rapat atau sesudahnya diawali atau diakhiri dengan bermain bulu tangkis. Itu menunjukkan bahwa bapak-bapak Pimpinan Pusat waktu itu paham betul dengan ungkapan di atas.

Kemudian ini berlanjut pada kepengurusan Din Syamsuddin. Pada kepengurusannya, hampir ketika Muktamar atau sidang Tanwir didahului dengan sepak bola eksebisi. Pernah waktu itu PP Muhammadiyah melawan PBNU, pernah melawan kedutaan Inggris, dan kedutaan Australia. Pernah PP Muhammadiyah, waktu Muktamar di Jogja bertanding dengan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM).

Tidak penting kalah menangnya, tetapi semangat untuk membuat tubuh sehat itulah yang utama. Belakangan banyak pimpinan Muhammadiyah, baik di persyarikatan maupun di amal usaha yang terkena penyakit strok, jantung, kolesterol tinggi, dan asam urat. Itulah penyakit orang-orang yang memang kurang gerak, kurang olahraga, dan ini mulai menggejala. Karena di Muhammadiyah kalau rapat duduk berjam-jam, bahkan kalau rakernas, muktamar, maupun tanwir bisa berhari-hari, tapi makannya selalu tidak ketinggalan. Makan tiga kali, belum lagi tambah snack di sela-sela rapat. Karena kurang gerak dan banyak makan akhirnya muncullah penyakit-penyakit tersebut.

Khusus sepak bola, tidak hanya Muhammadiyah, hampir semua orang menggemarinya. Bahkan sepak bola Muhammadiyah, Persatuan Sepak Bola Hizbul Wathan (PSHW), yang dahulu hampir disetiap daerah Muhammadiyah ada, sampai hari ini masih ada di beberapa kota. Kalau di Jogja, di semua kabupaten dan kota PSHW masih hidup. Bahkan menjadi divisi utamanya beberapa klub sepak bola di Jogja, seperti PSIM dan Persiba. Namun olahraga yang patut dibanggakan adalah seni bela diri, yaitu Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Prestasi Tapak Suci cukup bersaing dengan yang lain.

Saya kira penting hari ini Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) menginisiasi Fakultas Pendidikan dan Keguruan Olahraga. Karena kebutuhan guru olahraga di sekolah Muhammadiyah sangat besar. Sekaligus nantinya untuk meningkatkan prestasi olahraga sekolah Muhammadiyah. Sampai hari ini belum ada PTM yang membuka jurusan olahraga tersebut.

Rakernas Lembaga Seni Budaya dan Olahraga diadakan, tidak lain dalam rangka mengembangkan seni, budaya, dan olahraga di persyarikatan Muhammadiyah. Hal ini sebenarnya sudah pernah dicontohkan Kiai Dahlan dalam sekolahnya yang tergambar pada film Sang Pencerah.

Saat itu hampir tidak ada orang yang bisa bermain biola atau bahkan tidak mau memainkannya. Namun Kiai Dahlan dengan kemampuannya mau dan mampu memainkan biola di hadapan anak didiknya. Itu artinya Kiai Dahlan memiliki jiwa seni yang baik dan tidak pernah menghitamputihkan seni. Kemudian hal ini berlanjut dan terus berkembang sampai akhirnya, dengan usaha Kiai Dahlan, sekolah Muhammadiyah memiliki ekstrakurikuler Drum Band. Saat itu Drum Band menjadi keunggulan sekolah Muhammadiyah bahkan sampai hari ini. Sekarang TK Muhammadiyah pun memiliki Drum Band bahkan itu menjadi standar sekolah yang maju. Jika TK tidak memiliki Drum Band, konon sekolah itu termasuk sekolah yang tertinggal. Artinya pada masa awal berdirinya Muhammadiyah tidak ada kendala yang berarti terhadap perkembangan seni.

Perkembangan seni mulai bermasalah ketika warga Muhammadiyah lebih mengedepankan purifikasi dalam keberagamaan ketimbang sikap moderat. Akibatnya Muhammadiyah begitu ketat karena purifikasi sangat kental. Bahkan cara pandangnya terhadap seni, budaya, dan olahraga cenderung menjadi hitam putih. Jika hal demikian terus berlanjut, maka sampai kapan pun Muhammadiyah tidak akan mampu mengembangkan seni, budaya, dan olahraga. Namun jika pendekatan yang digunakan adalah pendekatan dakwah, maka dengan sendirinya Muhammadiyah akan bersahabat dengan seni, budaya, dan olahraga. Melalui pendekatan itu, sangat mungkin Muhammadiyah bisa menghidupkan kembali dan mengembangkan seni, budaya, dan olahraga. (gsh)

Artikel ini pernah dimuat di Majalah SM Edisi 17 Tahun 2016

Exit mobile version