Turki Diguncang Gempa Berkekuatan 6,8 SR

ANKARA, Suara Muhammadiyah – Gempa berkekuatan 6,8 SR mengguncang wilayah Elazig, Turki, pada Jumat malam (24/1) lalu.  Disaster and Emergency Management Authority Turki mengungkapkan bahwa jumlah korban jiwa tercatat mencapai 1547 orang luka-luka dan 31 orang meninggal dunia akibat gempa ini.

Dilansir Anadolu Agency pada Sabtu (25/1), Tim penyelamat berhasil menyelamatkan total 45 orang termasuk seorang wanita yang terjebak selama 17 jam di bawah reruntuhan rumahnya. Tercatat ada 3700 personil diturunkan untuk membantu penyelamatan korban yang berasal dari berbagai organisasi. Mereka juga menyiapkan 554 kendaraan, 3 buah drone, satu buah helikopter, dan juga 17 anjing pelacak. Selain itu, tersedia juga, tenda, tempat tidur, selimut, makanan, dan dapur keliling yang dikirim ke daerah-daerah dilanda gempa.

Presiden Turki, Erdogan, juga datang menghadiri proses pemakaman dua korban gempa di wilayah Elazig pada Sabtu (25/1). Erdogan berjanji akan menyediakan tempat penampungan dan segera memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat gempa.
Disaster and Emergency Management Authority mengumumkan bahwa gempa telah terjadi di wilayah timur Elazig pada pukul 20.55 malam waktu Turki. Di daerah Siviriz, Elazig, tercatat gempa terjadi pada kedalaman 7.03 kilometer dan daerah Baskil gempa terjadi pada kedalaman 10.62 kilometer.

Wilayah Elazig ini juga merasakan 35 kali gempa susulan dengan berkekuatan 2,7 sampai dengan 5,4 SR. Gempa ini juga terasa di wilayah lain di Turki seperti Adana, Hatay, Osmaniye, Tunceli, Gaziantep, Sanliurfa, dan Malatya. Bahkan guncangan juga terasa di negara tetangga yaitu Suriah dan Georgia
Berdasarkan laporan Anadolu Agency, gempa kali ini bukanlah yang pertama terjadi di turki pada tahun 2020.

Sebelumnya hari Rabu 22 Januari 2020, gempa berkekuatan 5,4 SR tercatat terjadi di barat wilayah Manisa, Turki. Hari Kamis gempa juga mengguncang Turki di wilayah Ankara dengan kekuatan 4,5 SR.

Indonesia, melalui pernyataan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menyatakan bela sungkawa terhadap kejadian yang menimpa Turki. Dilansir dari akun Twitternya (25/1), Retno mengungkapkan simpati dan bela sungkawa kepada orang-orang Turki atas kejadian gempa yang menimpa provinsi Elazig, Turki. (ran)

Exit mobile version