Dari Makassar ke Surakarta, Komunitas Sepeda Talasalapang Siap Arak Panji Muktamar

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Komunitas Sepeda Talasalapang (Kostal) menyatakan kesiapannya menyukseskan Muktamar Muhammadiyah ke 48 di Surakarta, Jawa Tengah bulan Juli 2020 mendatang. Salah satu bentuk dukungan tersebut dengan memaksimalkan Syiar Muktamar.

Kostal akan mengarak panji Muktamar dari Makassar ke Surakarta, dengan memboyong semua anggota komunitas, yang berjumlah sekitar 150 orang. Hal itu disampaikan Ketua Kostal Dr. Andi Syukri Syamsuri, di Kampus Uniemuh Makassar, Senin (27/1/2020).

Komunitas ini didirikan para dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar sejak 2010. Dekan FKIP Unismuh pada masa itu, Dr. Andi Syukri Syamsuri sekaligus didaulat sebagai Ketua Komunitas, dan masih memimpin Kostal hingga saat ini. Keanggotaan Kostal terbuka bagi semua dosen dan karyawan di Unismuh Makassar.

Menurut Andi Syukri, strategi syiar ini ditempuh agar masyarakat Indonesia juga dapat melihat sisi lain Muhammadiyah. “Menyosialisasikan gaya hidup sehat, merupakan salah satu bentuk dakwah yang masih kurang populer. Padahal Nabi Muhammad saw dalam salah satu hadis mengungkapkan bahwa Allah lebih mencintai hamba yang kuat daripada yang lemah,” jelas Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Makassar ini.

Langkah awal sosialisasi Muktamar akan digelar Kostal dengan menggelar Edu-Funbike pada 8 Maret 2020. “Kegiatan ini akan kami kemas dengan bersepeda mengelilingi Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, dengan membawa panji-panji Muktamar, sekaligus menyosialisasikan Kampus Unismuh Makassar,” ungkap Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel ini.

Ketua Panitia Edu-Funbike Kostal Unismuh Makassar Erwin Akib, Ph.D. mengungkapkan bahwa pihaknya kini tengah merampungkan berbagai persiapan acara. “Perkiraan sementara, funbike akan diikuti sekitar 1500 orang peserta dari berbagai daerah,” jelas Dekan FKIP Unismuh Makassar ini.(Hadi/Riz)

Exit mobile version