Mengenang Sejarah, Ponpes Puteri Ummul Mukminin Launching Hari Ber-‘Aisyiyah

Mengenang Sejarah, Ponpes Puteri Ummul Mukminin Launching Hari Ber-'Aisyiyah

Dok Imad/SM

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan resmi melaunching Hari Ber-‘Aisyiyah.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Indoor Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin, Jalan KH Abdul Jabbar Asyiri, Sudiang, Makassar, Senin (27/1/2020) malam tadi.

Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Sulsel Dr. Nurhayati Azis, SE.,M.Si mengatakan bahwa hari beraisyiyah ini pertama dilakukan sebagai upaya mengenang atau merefleksi sejarah hari lahir ‘Aisyiyah yang jatuh pada tanggal 27 Rajab 1335 H bertepatan dengan 19 Mei 1917 Masehi.

Menurutnya bahwa nama ‘Aisyiyah berasal dari nama Aisyah yakni salah satu istri Nabi Muhammad SAW yang memiliki keunggulan salah satunya adalah cerdas.

“Kita inginkan bahwa kader Aisyiyah adalah kader yang cerdas, mulai cerdas intelektual, cerdas ibadah, dan cerdas akhlakul karimah dan semua ini harus ter-asa di pondok ummul mukminin,” kata Dr Nurhayati Azis, SE.,M.Si dalam sambutannya.

Dosen UMI Makassar ini menambahkan bahwa Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ini adalah sekolah kader, sehingga baginya kegiatan ini wajib di syiarkan setiap bulannya.

“Insyallah dilaksanakan setiap tanggal 27 setiap bulan berjalan dan ini juga bertujuan untuk membentuk pemimpin masa depan,” tuturnya.

Dengan demikian, Ia berharap pula bahwa kedepan kegiatan ini akan diatur dengan baik, dengan membuat temu tokoh perempuan, tokoh pendidik, dan agenda lainnya.

Terpisah disampaikan Direktur Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Sulsel Drs. H. Abdul Kadir Arief, M.Pd mengatakan, kegiatan ini bagian dari program pondok tahun 2020 yang akan terus digelorakan.

“Ini starting point untuk terus bersemangat berkiprah dan melanjutkan dakwah dan amal usaha Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah kapan dan dimanapun kita berada,” tambahnya.

Ia pula menyampaikan bahwa Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin saat ini membina santriwati sekitar 1.500 orang.

Pada kegiatan ini hadir Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sulsel, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Makassar, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Biringkanaya, Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Biringkanaya, Kyai Pondok Pesantren Ummul Mukminin, Pengurus Ikatan Alumni Ummul Mukminin (IAUM), Pengurus Komite Sekolah, Para Pimpinan, Guru dan Karyawan Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin.

Di akhir kegiatan launching ini para santriwati dan guru Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin serentak menyanyikan bersama lagu Theme Song Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah 2020 di Solo.(Imad/Riz)

Exit mobile version