Lewat KKN, Mahasiswa UMY Dukung Pengembangan Wisata di Desa Kanigoro

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kelompok 171 mengadakan kegiatan penyuluhan yang bertema Pemanfataan Teknologi Informasi dalam Promosi Destinasi Wisata pada Rabu malam (15/1) di Dusun Sawah, Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Penyuluhan ini bertujuan agar warga dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam pengembangan pariwisata.

“Desa Kanigoro memiliki potensi yang besar dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan, namun masih belum ada pemanfaatan teknologi dalam pengembangan pariwisata tersebut,” jelas Ferita, pembicara penyuluhan. Ferita menambahkan Desa Kanigoro memiliki pantai yang sangat indah dan masih sepi pengunjung jadi sangat disayangkan apabila tidak dikelola dengan baik.

“Memasuki era 4.0 masyarakat mau tidak mau harus paham dan bisa menggunakan internet terutama dalam pengelolaan wisata. Saat ini banyak wisatawan lokal maupun internasional yang memanfaatkan aplikasi untuk melihat destinasi-destinasi wisata yang ada,” tambahnya.

“Desa Kanigoro ini punya banyak sekali pantai dan pantai di desa ini juga jarang dikunjungi wisatawan, mungkin karena cara promosi ke masyarakat kurang maka dari itu kami mengadakan penyuluhan tentang promosi pariwisata pantai agar wisatawan meningkat dan dampaknya juga ke Desa Kanigoro sendiri,” ujar Fariz, ketua pelaksana kegiatan penyuluhan.

Fariz juga berharap dengan diadakan penyuluhan ini ke depannya masyarakat dapat mengembangkan pantai-pantai yang ada di desa ini sehingga wisatawan dapat meningkat dan fasililitas yang ada dapat ditingkatkan demi kenyamanan wisatawan yang berkunjung.(Riz)

Exit mobile version