UMY Produksi Video Pembelajaran untuk Sekolah Dasar

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Sekolah Dasar Muhammadiyah Kalangan dan Karangturi, Banguntapan, Bantul mengantisipasi perubahan teknologi dan paradigma pendidikan dengan memproduksi konten video pembelajaran (8/2). Produksi video dilakukan di Laboratorium Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Produksi ini dilakukan sebagai bentuk dari program pengabdian persyarikatan yang dijalankan oleh Budi Dwi Arifianto, MSn dan Dr Fajar Junaedi dari Program Studi Ilmu Komunikasi UMY

“Produksi ini didasarkan bahwa media digital yang interaktif semakin signifikan dalam proses pembelajaran. Dunia pendidikan pasca hadirnya fenomena inovasi disrupsi diprediksi akan masuk pada era digitalisasi sistem pendidikan, Kegiatan belajar-mengajar akan berubah total,” jelas Dr. Fajar Junaedi.

Fajar menambahkan bahwa ruang kelas mengalami evolusi dengan pola pembelajaran digital yang memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih kreatif dan partisipatif, keberadaan teknologi informasi telah menghapus batas-batas ruang pembelajaran yang memicu munculnya cara-cara baru untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran.

Video pembelajaran yang diproduksi ditujukan untuk siswa kelas satu sampai enam dengan berbagai tema yang relevan. Kepala sekolah SD Muhammadiyah Kalangan, Andi Budi Rahmawanto menambahkan bahwa dengan produksi video ini, SD Muhammadiyah Kalangan siap menjadi sekolah yang kreatif dan memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran.(Riz)

 

Exit mobile version