Liga HW Zona DIY Bergulir, Klub Muhammadiyah Menuju Liga 1

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Putaran Nasional Liga Sepakbola Hizbul Wathan (HW) Zona 4 DIY resmi bergulir. Delapan tim terbaik se-DIY bertanding di Lapangan Sepakbola Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Sabtu – Senin, 15-17 Februari 2018.

Delapan tim tersebut adalah PS HW Gamping, Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, PS HW UMY, UAD FC, PS HW Wates, PS HW Gunungkidul, Tunas Obor, dan Bima Sena FC.

Pertandingan menggunakan sistem gugur dan memperebutkan tiket menuju putaran final. Liga HW Zona 4 ini diikuti Tim yang memiliki pengalaman bertandinh di Liga 3 seperti PS HW UMY, UAD FC, dan PS HW Wates.

Pembukaan Liga HW Zona 4 Dihadiri Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah M Busyro Muqqodas, PWM DIY, Wakil Rektor UMY Achmad Nurmandi, Ketua Asprov PSSI DIY Ahmad Syauqi Soeratno, Sekum Asprov PSSI DIY, serta Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) se-DIY.

Dalam sambutannya M Busyro Muqqodas mengapresiasi gelaran Liga HW sebagai bentuk kemandirian generasi Muhammadiyah dalam rangka menjunjung persahabatan, sportifitas, dan kejujuran yang kongkrit.

Busyro berpesan agar Liga HW bukan saja untuk semarak Muktamar Muhammadiyah ke-48. Melainkan dalam berlangsung secara berkala di tahun-tahun berikutnya.

“Sportifitas yang mengandalkan pada kejujuran bukan hanya diucapkan, dikhutbahkan, dan diseminarkan. Tetapi diaktualisasikan di dalam kegiatan konkrit seperti ini,” ungkap Busyro di Lapangan Sepakbola UMY, Sabtu (15/2).

Wakil Rektor UMY Achmad Nurmandi menyampaikan bahwa HW memiliki sejarah yang panjang termasuk dalam persepakbolaan di tanah air. Bahkan para tokoh PS HW merupakan pelopor pendirian Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Menurutnya, Indonesia termasuk Yogyakarta menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 pada tahun depan. “Para aktivis sepak bola termasuk anda semua ikut menyukseskan sebagai tuan rumah karena Mandala Krida telah ditunjuk menjadi stadion Piala Duna U-20,” turur Pengurus Asprov PSSI DIY.

Dengan gelaran Liga HW, kata Nurmandi, menjadi starting point agar Muhammadiyah dapat meloloskan Tim yang dapat berlaga di Liga 1. Direktur PS HW UMY tersebut optimis dengan optimisme dan kebersamaan Muhammadiyah dapat mewujudkannya. “Mari sukseskan Liga HW dengan sportifitas,” pungkasnya. (Riz)

Exit mobile version