Kukuhkan HABSI, PBSI UHAMKA Siap Cetak Lulusan Unggul

Kukuhkan HABSI, PBSI UHAMKA Siap Cetak Lulusan Unggul

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam upaya mempererat tali silaturahim dan memperkuat jaringan alumni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UHAMKA mengukuhkan organisasi alumni yang dinamai Himpunan Alumni PBSI (HABSI), Sabtu (15/2).

Pengukuhan yang digelar dalam acara Temu Alumni PBSI UHAMKA di Auditorium Ahmad Dahlan, Kampus B UHAMKA, Jakarta, ini dihadiri segenap jajaran Prodi PBSI dan alumni dari angkatan 2011-2019.

Dengan dirangkulnya alumni dalam HABSI, diharapkan ke depan Prodi PBSI FKIP UHAMKA bisa lebih maju dan siap dalam menghadapi tantangan dunia luar. Keberadaan HABSI menjadi salah satu tonggak untuk menghidupkan komunikasi dan silaturahim alumni antarangkatan, sehingga program-program pembinaan mahasiswa PBSI UHAMKA akan lebih optimal.

“Tahun depan, tugas berat pengurus HABSI adalah harus merancang dan menyelenggarakan Reuni Akbar Alumni PBSI dari tahun 1957-2020,” kata Kaprodi PBSI UHAMKA, Prima Gustiyanti, Sabtu (15/2). Dengan adanya pengurus HABSI, dia melanjutkan, kita harapkan adanya hubungan mitra yang lebih intensif dalam rangka membangun jaringan prodi PBSI yang lebih kuat. Terutama, kata dia, dalam menyiapkan lulusan-lulusan bermutu yang sesuai dengan visi dan misi prodi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Prodi PBSI Pipit menyampaikan, selama ini, peran alumni sangat membantu dalam berbagai agenda prodi. Misalnya, dia mencontohkan, dalam proses penyusunan visi-misi prodi, alumni turut serta dilibatkan serta memberi masukan dan saran. Terlebih, kata dia, alumni dengan latar belakang berbeda-beda yang bisa menjadi mitra kerja prodi ke depan dalam program-programnya.

Dalam pembaruan kurikulum, Prodi PBSI FKIP UHAMKA juga melibatkan stakeholder yankni para alumni yang berkiprah di berbagai bidang. Hal ini dilakukan utamanya dalam rangka
mempersiapkan lulusan terbaik yang siap berkiprah di berbagai bidang. “Dalam rencana pembaruan kurikulum pun, prodi mendengar masukan dan saran dari alumni. Terutama yang sekarang berkiprah di berbagai bidang, seperti media massa, BUMN, sekolah, dan industri kreatif. Jad, lulusan PBSI ini tidak hanya unggul di bidang keguruan, tapi juga di bidang lainnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Abdul Rahman Jupri sebagai ketua koordinator HABSI juga menyampaikan bahwa acara ini adalah perdana yang dilaksanakan oleh Prodi PBSI. “Temu alumni secara resmi ini yang perdana dalam sejarah prodi PBSI, kita pelaku sejarah,” ujarnya.

Jupri mengatakan, beragam profil alumni yang berkiprah di berbagai bidang merupakan prestasi positif Prodi PBSI UHAMKA. “Hal ini mesti dilanjutkan. Dengan adanya HABSI, ke depan PBSI bisa mencetak lebih banyak lulusan unggul,” ungkapnya.(sholeh/riz)

Exit mobile version