Green Governance, Pilar Pemerintahan Mengindahkan Lingkungan

Green Governance, Pilar Pemerintahan Mengindahkan Lingkungan

Dok ran/SM

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan acara Goverment Gathering on Good and Green Governance di Gedung Sportorium UMY, Selasa (18/02).

Acara ini dihadiri oleh Pemerintah Daerah yang telah memiliki kerjasama dengan UMY, baik Pemerintah Daerah yang ada di pulau Jawa, maupun di luar pulau Jawa.

Acara ini juga merupakan  rutin yang diselenggarakan oleh Lembaga Kerjasama UMY, dan ini adalah kali kedua acara ini terselenggara.

Eko Priyono Purnomo, Kepala Lembaga Kerjasama UMY mengungkapkan bahwa acara ini menjadi penting  karena biasanya jika berbicara soal Good Governance hanya fokus pada 8 pilar good Governance, padahal ada satu hal yang juga penting yaitu Green Governance. “Kita sering lupa bahwa ada pilar yang juga penting yaitu Green Governance”.

Eko menyebutkan bahwa ini lah yang menjadi penting terselenggaranya agenda ini.  Green Governance disebut kan oleh Eko akan lebih terbuka dan aktor tidak hanya pemerintah, tapi LSM dan masyarakat sipil, bahkan pasar juga akan dilibatkan.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto saat menyampaikan sambutan juga membahas terkait bagai mana perguruan tinggi menjadi pilihan untuk ikut bekerjasama secara aktif dalam pembangunan daerah.

“Ada hal yang menarik perpolitikan di Indonesia yang menjadi starting point mengapa mengadakan acara ini. Pada Pilkada calon adalah milik partai setelah dilantik milik Masyarakat. Mungkin karena kita sering terkotak-kotak, kita melihat perguruan tinggi sebagai pilihan untuk melakukan kerjasama aktif dan lebih mendalam dalam hal pembangunan daerah-daerah. Tidak ada  perguruan tinggi yang membawa kepentingan  partai, semua perguruan tinggi pasti membawa kepentingan negara,” ungkap Gunawan.

Wakil Rektor UMY Bidang Kerjasama Ahmad Nurmandi mengatakan bahwa Green Governance ini belum populer padahal permasalahan lingkungan adalah penting. Misalnya soal tata ruang dan pengelolaan sampah. Inilah yang menjadi tujuan mengusung tema terkait Green Governance.

Acara ini juga dibarengi dengan penandatanganan MoU yaitu kerjasama antara UMY dengan Pemerintah Daerah yaitu daerah. Isi MoU ini berisi pernyataan bahwa siap melaksanakan pilar-pilar Good Governance yang meliputi transparansi, akuntabilitas, partisipatif dalam menjalan pemerintahan di daerah masing-masing.

Selanjutnya ialah berkomitmen dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan untuk kelangsungan hidup generasi kedepan. Kemudian menyatakan siap untuk melaksanakan UUD No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, serta peduli terhadap pentingnya fungsi kesadaran lingkungan hidup. MoU ini ditandangani oleh UMY dengan perwakilan Pemerintah Daerah yang hadir.(ran/riz)

Exit mobile version