Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Bawaslu Sosialisasi di SMK Famuba

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Bawaslu Sosialisasi di SMK Famuba

Dok Hendra/SM

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Tegal menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan tema “Pemilih Pemula Awas, Pemilu Berkualitas”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMK Muhammadiyah Lebaksiu pada Selasa, 18 Februari 2020.

Acara yang diikuti oleh 100 siswa ini diisi dengan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif yang disampaikan oleh Ikbal Faizal, MPd selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal. Tidak hanya siswa saja yang mengikuti kegiatan tersebut, Jajaran Guru dan Staf Tata Usaha juga mengikuti sosialisasi dengan semangat dan antusias.

Dalam penyampaiannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal memberikan pengertian dan pemahaman mengenai pendidikan politik bagi pemilih pemula dan siraman rohani untuk peserta sosialisasi. Pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jika dikaitkan dengan partai politik, pendidikan politik bisa diartikan sebagai usaha sadar dan tersistematis dalam mentransformasikan segala sesuatu yang berkenaan dengan perjuangan partai politik tersebut kepada massanya agar mereka sadar akan peran dan fungsi, serta hak dan kewajibannya sebagai manusia atau warga negara, Ujar ikbal.

Sebagai penutup acara, Ketua Bawaslu mengimbau kepada peserta sosialisasi untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga demokrasi. Dengan cara melawan politik uang dan tidak percaya akan berita hoax maupun isu sara di tengah perkembangan era digitalisasi yang begitu dinamis.

Andi Riswandi, M.Pd mengungkapkan semoga Sosialisasi ini sebagai bentuk nilai pendidikan Karakter Implementasi Mapel PKKn. “Semoga bermanfaat untuk siswa SMK Muhammadiyah Lebaksiu,” ungkapnya. (Hendra A)

Exit mobile version