Kajian Pilar NA: Kunci Sehat Aktivis Persyarikatan

Kajian Pilar NA: Kunci Sehat Aktivis Persyarikatan

Dok Rahel/SM

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – “Sehat sangat mahal harganya merupakan anugerah yang luar biasa sehingga banyak yang tidak merawatnya.” jelas Agus Taufiqurrahman dalam Kajian Pilar yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Naisyiatul ‘Aisyiyah di Aula PP Muhammadiyah Cikditiro, Yogyakarta, Jum’at (21/2).

Banyak orang yang melalaikan kesehatan. Kata orang bijak kesehatan itu bukan segala-galanya, namun segala-galanya tidak bisa dinikmati kalau kita tidak sehat.

Dengan mengangkat tema mengenai ‘Sehat Ala Aktivis’, Agus menjelaskan tips-tips agar setiap orang menjaga kesehatan, termasuk bagi seorang aktivis. “Kalau aktivis melupakan sehat, maka aktivis tidak menjalankan sunah Rasul.”ungkapnya.

Agus menjelaskan mengenai prinsip sehat yang harus dilakoni, yaitu: Pertama,  ketika makan diawali dengan doa. Kedua, makanan harus dinikmati. Makanan yang enak dan sehat sekali pun ila tidak dinikmati, tidak akan tearsa nikmat. Maka ubahlah perspektif pada makanan agar selalu terlihat nikmat meskipun makanan itu sedikit jumlahnya.

Ketiga, setelah dinikmati maka harus dibatasi makanan. Jangan sampai berlebihan karena yang berlebihan juga tidak baik. Keempat, apabila sudah berlebihan, maka harus diimbangi dengan makanan penyeimbang. Karena gemuk itu tidak sehat, mengapa karena sendi-sendi kita itu berat untuk menyanggahnya. Bila sudah banyak lemak harus diimbangi dengan protein dan vitamin agar imun dalam tubuh tetap terjaga.

Maka, sebagai aktivis yang bagus dimakan ialah sayur dan buah. Aktivis sehat harus menghindari gaya hidup tidak sehat. Sebab, kebanyakan aktivis yang aktif dalam pikiran sehingga terlalu terbawa-bawa menjadi stress. Sebagai aktivis, hindari rasa stress sehinga mengakibatkan depresi, insomnia, hipertensi obisitas bahkan stroke.

Aktivis harus bisa mengelola stress, karena stress itu bisa mengakibatkan emosi yang negative sehingga menciptakan pengaruh seseorang yang dapat menimbulkan marah. Sebagai aktivis tidak  boleh marah. Aktivis harus gembira agar sesuai dengan ajaran Rasulullah saw.

Maka dari itu, kunci sehat ada 5, yaitu (1) Berolahraga yang teratur, (2) Gizi seimbang, (3) Tidak merokok, (4) Tidak stress dan (5) Sering berwudhu.(rahel/riz)

Exit mobile version