Menuju Sekolah Muhammadiyah Sehat Tingkat Nasional

Menuju Sekolah Muhammadiyah Sehat Tingkat Nasional

Dok Diko/SM

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), H Ganjar Pranowo MIP mendukung penuh Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta maju menjadi sekolah sehat tingkat nasional, di kediamannya pada Selasa (10/3).

Dalam sejarahnya, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta sudah ada jauh sebelum republik ini berdiri. Usianya sudah cukup tua. Cerita ini membuat Ganjar terkejut sekaligus bangga.

Ganjar menyampaikan, SD ini telah mengintegrasikan pendidikan kesehatan dalam mata pelajaranya yang diajarkan, termasuk cara hidup sehat dan bersih. Tidak hanya itu, Sekolah ini juga menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendidik anak-anak hidup sehat. Sejak dini anak-anak dikenalkan pada gaya hidup sehat, yang menarik setiap anak mesti mempresentasikan apa yang dia kerjakan, bagaimana menghadapi cuaca, cuci tangan enam langkah mengunakan sabun dan lain sebagainya.

“Dan tentu saja ini membanggakan. Sebagai Gubernur Jawa Tengah saya dukung full 100%, kalau boleh lebih 200%. Layak untuk dinilai, jika saya boleh memberikan penilaian secara sistemik nampaknya juara,” ujarnya.

Sri Sayekti Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan menuturkan bahwa sekolahnya menerapkan program UKS dan PHBS kepada seluruh siswanya. Pihak sekolah juga mengembangkan berbagai macam inovasi, di antaranya kantin sehat, radio streaming solo belajar, dan program M1 smart card. M1 smart card berfungsi sebagai alat transaksi di BUM’s, kantin, perpustakaan, absensi siswa, e-money, e-uks, e-infak, zero debu, bank sampah, musolla bersertifikat kiblat, dan laboratorium botani.

“Mohon doanya semoga bisa mempersembahkan yang terbaik untuk persyarikatan Muhammadiyah serta Pemerintah Jawa Tengah dan Solo,” ujarya. (jatmiko/diko).

Exit mobile version