Drone Multifungsi UMM Semprotkan Disinfektan Melalui Udara

Drone Multifungsi UMM Semprotkan Disinfektan Melalui Udara

MALANG, Suara Muhammadiyah – Untuk mengantisipasi laju penyebaran virus corona (Covid-19) di lingkungan kampus dan sekitarnya, Universitas Muhammadiyah (UMM) menyiagakan dua unit drone yang memiliki kemampuan khusus sebagai spraying dan monitoring. Drone milik Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang biasa digunakan untuk penyemprotan hama di area persawahan tersebut diperbantukan guna penyemprotan disinfektan di sejumlah titik melalui udara.

Ide menarik pemanfaatan drone tersebut berawal dari sharing sejumlah dosen dan civitas akademika UMM yang akhirnya disetujui langsung oleh Fauzan, Rektor UMM pada Selasa, 24 Maret 2020.

Fauzan memyampaikan bahwa upaya yang dilakukan UMM tersebut merupakan kerja bersama dengan beberapa elemen diantaranya, Tim Satgas Corona Kabupaten Malang, Danrem 083 dan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) UMM. “Apa yang dilakukan oleh UMM merupakan bentuk pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat,” ujarnya.

David Hermawan, Dekan FPP UMM menambahkan, titik yang dijadikan sasaran penyemprotan disinfektan adalah di kawasan Kecamatan Dau. Kawasan ini dipilih karena telah ditemukan beberapa kasus warganya suspect Covid-19. Penyemprotan selanjutnya dilakukan di kawasan lapangan Rampal. Hari berikutnya berlanjut di area Kota Malang. “Aksi spraying dengan melibatkan drone multifungsi ini merupakan bentuk pengabdian UMM kepada masyarakat. Dari Muhammadiyah untuk Bangsa,” jelasnya. (diko)

Exit mobile version