Komunitas OrchidMu Muntilan Ciptakan Varietas Anggrek Sang Surya

Komunitas OrchidMu Muntilan Ciptakan Varietas Anggrek Sang Surya

Foto Dok NSP/SM

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Komunitas pecinta anggrek Orchidmu (Orchid Muhammadiyah) Muntilan berhasil menciptakan varietas anggrek baru. Anggrek ini akan di launcing di Muktamar Muhammadiyah ke-48 mendatang. Komunitas tersebut melakukan penyilangan sejak 2017. Berbagai percobaan penyilangan dilakukan dan akhirnya komunitas tersebut memilih beberapa anggrek untuk di silangkan.

Aggrek Sang Surya

Sang Surya adalah nama yang diberikan kepada anggrek tersebut. Nama tersebut sudah di registrasi melalui Royal Horticultural Society, London. Royal Horticultural Society (RHS) merupakan lembaga registrasi hibrida baru anggrek dan tanaman lainnya yang ada di London, Inggris.

Anggrek tersebut adalah silangan dari anggrek P. Bright Peacock berwarna merah dengan P. Amabilis Formosanum yang berwarna putih. Penyilangan dimulai 9 Mei 2017, dan dipanen buah tanggal 23 Oktober 2017. Sedangkan bunga pertama mekar pada tanggal 6 Agustus 2019 dengan jumlah kuntum 3-4 dan bunga memiliki tebal 1,2 mm. Anggrek tersebut memiliki sepal 5,7 cm, ukuran petal 5,2 cm dengan tipe tanaman kecil, dan tangkai bunga tegak.

“Varietas baru anggrek Sang Surya ini hasil silangan dari dua jenis anggrek yaitu P. Bright Peacock dan P. Amabilis Formosanum, dan akan dilauncing pada Muktamar ke 48 mendatang, Kata Ketua Orchidmu Khabib Fathony.

Green House Orchidmu

Orchidmu merupakan komunitas anggrek Muhammadiyah pertama yang tergolong sukses dengan kegiatannya. Orchidmu ini dibawah naungan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) dan memiliki sekitar 70 anggota.

Fathony mengatakan, untuk memaksimalkan budidaya anggrek dan memajukan persyarikatan melalui anggrek, Orchidmu akan membuat Green house khusus. Tujuannya adalah agar segala aktifitas untuk mengembangkan anggrek bisa terpusat dan Persyarikatan memiliki jejak adanya Orchidmu tersebut.

Peluang Usaha

Awal mula dibentuk Orchidmu salah satu tujuannya adalah sebagai peluang usaha warga dan kader Muhammadiyah melalui anggrek. Berbagai pelatihan sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas. Sampai pada tahun ini, Orchidmu berhasil menciptakan varietas baru, dengan harapan meningkatkan daya jual anggrek, khususnya oleh simpatisan Muhammadiyah.

Apresiasi Muhammadiyah Muntilan

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Muntilan mengapresiasi hasil dari Orchidmu yang telah menciptakan varietas baru. Harapannya selain menjadi lahan bisnis, juga lahan dakwah melalui komunitas tersebut.

“Orchidmu ini adalah di bentuk sebagai bentuk dakwah komunitas di Muntilan, sehingga warga mengenal Muhammadiyah lewat komunitas ini. Kata untung Supriyadi selaku PCM Muntilan.

Untung juga mengatakan dengan Nama Sang Surya ini harapannya menjadi icon Baru bagi  Orchidmu dalam berkarya yang selanjutnya. (NSP)

Exit mobile version