Keputusan Arab Saudi: Haji Tetap Dilaksanakan secara Terbatas

RIYADH, Suara Muhammadiyah – Kementerian Haji Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan pernyatan seputar penyelenggaraan haji dan umrah tahun ini.

Telah diputuskan bahwa Haji untuk tahun ini (1441 H/2020 M) akan diadakan dengan jumlah sangat terbatas. Jamaah yang akan mengikutinya yaitu bagi mereka yang tinggal di Arab Saudi.

“Keputusan ini diambil untuk memastikan haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat sambil mengamati semua langkah pencegahan dan protokol jarak sosial yang diperlukan,” tulis pengumuman resmi haji Kerjaan Arab Saudi, Selasa (23/6).

Pernyataan oleh Kementerian Saudi Haji dan Umrah

Mengingat Coronavirus (COVID-19) telah menyebar ke lebih dari 180 negara di seluruh dunia, dan bahwa kematian terkait COVID-19 telah mencapai hampir setengah juta dan lebih dari 7 juta kasus telah telah dikonfirmasi secara global.

Dan sesuai dengan apa yang telah ditekankan oleh Kementerian Kesehatan Saudi mengenai risiko lanjutan yang berasal dari pandemi ini dan tidak ada vaksinasi yang tersedia dan obat bagi mereka yang telah terinfeksi oleh COVID-19 di seluruh dunia, dan untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat global. Terutama mengingat peningkatan jumlah kasus di banyak negara-negara menurut laporan yang dikeluarkan oleh organisasi dan lembaga kesehatan global, dan mempertimbangkan risiko penyakit dan infeksi yang menyebar dalam pertemuan atau perkumpulan yang padat di mana sulit untuk menjaga jarak sosial yang aman di antara orang-orang yang berkumpul.

Kerajaan Arab Saudi, yang prioritas utamanya adalah untuk selalu memungkinkan para peziarah Muslim untuk melakukan ibadah haji dan umrah dengan aman, sehat dan selamat, telah berupaya sejak awal pandemi dan sejak menyebarnya ke beberapa negara, untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi peziarah. Termasuk dengan menangguhkan masuknya jamaah umrah sambil memastikan keamanan peziarah atau jamaah yang sudah berada di tanah-tanah suci, sebuah keputusan yang telah menerima banyak persetujuan dari organisasi Islam dan internasional sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luas untuk memerangi virus secara global dan mendukung upaya organisasi kesehatan dalam membatasi penyebaran penyakit mematikan.

Dan berdasarkan pandemi ini yang berkelanjutan dan risiko virus corona yang menyebar di area padat dan ramai dan pertemuan besar, dan penularannya antar negara, dan peningkatan infeksi rata-rata secara global, telah diputuskan bahwa Haji untuk tahun ini (1441 H / 2020 M) akan diadakan, di mana jumlah peziarah yang sangat terbatas dari berbagai negara yang telah tinggal di Arab Saudi, akan dapat melaksanakannya.

Keputusan ini diambil untuk memastikan haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat sambil mengamati semua langkah pencegahan dan protokol jarak sosial yang diperlukan untuk melindungi manusia dari risiko yang terkait dengan pandemi ini dan sesuai dengan ajaran Islam dalam menjaga kehidupan manusia.

Pemerintah Penjaga Dua Masjid Suci merasa terhormat untuk melayani jutaan jemaah haji dan umrah setiap tahun dan itu menegaskan bahwa keputusan ini berasal dari prioritas utama yang sesuai dengan menjaga keselamatan para peziarah di tanahnya sampai mereka berangkat kembali ke negara asal mereka.

Kami meminta kepada Allah SWT untuk melindungi semua negara dari pandemi ini dan menjaga semua manusia agar terlindungi dan aman.

Exit mobile version