Ketika Rektor UMP Diwawancarai Bupati

Ketika Rektor UMP Diwawancarai Bupati

Ngopi Bareng Rektor di Kafe Millenial Foto dok Tgr/SM

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mendadak jadi wartawan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam acara Ngopi Bareng Rektor di Kafe Millenial, Selasa (23/6).

Hal itu terjadi saat Rektor UMP Dr Anjar Njugroho sedang di wawancarai oleh rekan media. Tiba-tiba Husein ikut bergabung bersama barisan wartawan.

“Berapa warga Banyumas yang dapat beasiswa?,” tanya Bupati seolah menjadi waratawan.

Achmad Husein juga menanyakan, bagaimana syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho menjawab, “Kami sediakan 1000 beasiswa,” jelasnya.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan UMP telah menyiapkan sejumlah solusi untuk mahasiswa baru yang ingin kuliah, namun mengalami keterbatasan biaya pendidikan.

Dr Anjar Nugroho menyebutkan sejauh ini UMP telah menyediakan delapan program beasiswa yang diberikan.

“Tentu kemudian ada kualifikasi untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Bisa karena mereka berprestasi, ada yang karena keluarganya terdampak atau keluarga korban covid. Ada juga karena keluarga kurang mampu yang membutuhkan bantuan Pendidikan,” jelas Rektor.

Rektor UMP juga menyatakan pihak UMP telah siap menghadapi tatanan baru, terutama dengan sejumlah agenda yang dalam waktu dekat dilakukan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas sudah menyatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Purwokerto merupakan kampus yang telah siap menghadapi tatanan baru, terutama dalam bidang Pendidikan,” jelasnya.

Sejumlah agenda tersebut di antaranya penerimaan mahasiswa baru melalui jalur smart.pmb.ump.ac.id jalur online dengan menggunakan nilai raport dan jalur regular menggunakan ujian Computer Based Test (CBT).

Dijelaskan, untuk penerimaan mahasiswa baru, UMP saat ini tengah memsauki gelombang dua yang berakhir pada ahkir Juli 2020. Sementara untuk gelombang ketiga pada Juli hingga Agustus 2020.

“Kita terus pantau penerimaan mahasiswa baru UMP, dan Alhamdulillah meskipun di musim pandemic ini UMP tidak menglamani penurunan, bahkan ada peningkatan dan hari yang sama ditahun yang lalu,” jelasnya.

Untuk tahun ajaran ini UMP menerima 4000 calon mahasiswa untuk 12 fakultas, 45 program studi baik diploma maupun pascasarjana.

Targetkan Prodi S3 Pendidikan

Rektor UMP menambahkan dalam waktu dekat UMP akan memiliki program studi S3 pendidikan guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kita sudah bentuk tim, SDM juga sudah kita siapkan, sekarang sedang berproses di kementrian pendidikan dan kebudayaan. Insya Allah dalam waktu dekat bisa terealisasikan,” jelasnya.(tgr)

Exit mobile version